> >

Diinisiasi Kominfo, Gelaran Seni di Jogja jadi Cara Sinergikan Budaya Lokal dengan Literasi Digital

Gaya hidup | 12 Februari 2023, 05:21 WIB
Seseorang tengah mengakses layanan live streaming dari Kominfo untuk mengakses acara gelaran gelaran kesenian Sendratari Ramayana dengan tema Dewantara Muda Berbudaya, di Kapanewon Seyegan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (11/2/2023) malam . (Sumber: dok. Kominfo)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Tak salah jika Jogja disebut kota budaya. Bahkan dengan memanfaatkan budaya lokal, perkembangan literasi digital juga bisa dilakukan bersamaan. Perkembangan teknologi ada, tanpa meninggalkan unsur budaya juga. 

Seperti saat gelaran kesenian Sendratari Ramayana dengan tema 'Dewantara Muda Berbudaya', di Kapanewon Seyegan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (11/2/2023) malam yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) . 

"Kami mencoba melakukan sinergi antara budaya digital melalui berbagai aktivitas sanggar budaya, seperti pagelaran seni tari di wilayah Yogyakarta," papar Ketua DPD Asosiasi Pengusana Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS) Jogja, Azzam Muhammad Bayhaqi.

Baca Juga: Kemendagri akan Ganti E-KTP dengan KTP Digital, Daftarnya Pakai Aplikasi IKD

Menurut Azzam, pertunjukan seni yang mampu memberikan nilai di tengah masyarakat menjadi sarana efektif dalam mengupayakan pembangunan budaya digital.

Pasalnya, pada momentum tersebut para peserta diberikan pengetahuan dan keterampilan dasar literasi digital.

"Budaya digital terbentuk dari hasil pola pikir, perilaku, dan cipta karya manusia. Penerapan budaya digital lebih kepada pola pikir atau mindset masyarakat untuk beradaptasi pada teknologi internet," imbuhnya.

Menteri Kominfo, Johnny G. Plate dalam sambutan virtualnya mengungkapkan peluang kecakapan digital harus dimaksimalkan.

"Mengingat kita punya potensi SDM yang sangat besar," sambung Johnny.

Baca Juga: Jokowi Sedih Biaya Iklan Media Diambil Platform Digital Asing: Sedih Lho Kita!

Penulis : Redaksi Kompas TV Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU