> >

Ada Bibit Siklon Tropis 98S, BMKG Peringatkan Warga NTT hingga Papua untuk Waspada

Papua maluku | 8 April 2023, 15:15 WIB
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya peningkatan intensitas bibit Siklon Tropis 98S di sekitar Laut Timor. (Sumber: BMKG)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya peningkatan intensitas bibit Siklon Tropis 98S di sekitar Laut Timor.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, bibit siklon tropis tersebut bergerak ke arah barat daya, dan berpotensi menjadi siklon tropis.

"Sistem 98S bergerak ke arah barat daya dan memiliki peluang kategori tinggi untuk menjadi siklon tropis," kata dia di Jakarta, Sabtu (8/4/2023), dikutip Antara.

Menurutnya, dalam waktu 24 jam ke depan, bibit siklon tropis tersebut dapat berdampak terhadap kondisi cuaca, meskipun secara tidak langsung.

Baca Juga: Apa Itu Siklon Tropis Herman? Picu Cuaca Ekstrem hingga Badai di Beberapa Wilayah

Dampaknya, kata dia, berupa hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, dan Papua.

Selain itu, berpotensi terjadi angin kencang di wilayah NTT, Maluku, dan Papua.

Dampak lain dari bibit Siklon 98S tersebut menurut BMKG adalah dapat menimbulkan potensi gelombang setinggi 1,25-2,5 meter di sejumlah perairan.

Beberapa perairan tersebut adalah Laut Flores, perairan Kepulauan Selayar, perairan Baubau, Kepulauan Wakatobi, Laut Seram, Perairan Fakfak dan Kaimana.

Selanjutnya, Laut Banda, perairan selatan, Kepulauan Kai-Kepulauan Aru, dan Laut Arafuru bagian tengah dan timur.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Antara


TERBARU