> >

Santap Daging Kurban, 71 Warga di Surabaya Keracunan, 26 Harus Rawat Inap

Jawa timur | 2 Juli 2023, 04:05 WIB
Korban keracunan masakan daging kurban di Surabaya. (Sumber: Dokumen: BPBD Surabaya)

SURABAYA, KOMPAS.TV - Sebanyak 71 warga di wilayah Kalilom Lor Indah Gang Seruni II, RT 12 RW 10 Kelurahan Tanah Kali Kedinding, Kecamatan Kenjeran, Surabaya, mengalami keracunan massal usai mengonsumsi makanan olahan daging kurban, Sabtu (1/7/2023).

Dilansir dari Kompas.com, menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Nanik Sukristina, peristiwa keracunan massal itu terjadi penyembelihan hewan kurban, Kamis (29/6/2023).

Setelah mengalami gejala keracunan, seluruh korban pun dibawa ke Puskesmas Tanah Kali Kedinding.

Sebanyak 22 pasien dengan gejala ringan diizinkan pulang sementara 23 pasien lainnya berobat dengan pengawasan puskesmas.

Kemudian ada 26 pasien yang dirujuk untuk rawat inap di puskesmas tersebut dan rumah sakit terdekat.

Di antaranya, tiga pasien dirawat di RS Unair, empat pasien dirawat di RSUD Dr Soewandhie, dan satu pasien dirawat di RS Mitra Keluarga Kenjeran.

Serta, tiga pasien di rawat di Puskesmas Bulak Banteng, dan satu orang pasien lainnya dirawat di Puskesmas Sidotopo Wetan.

"Selain itu, 12 pasien lainnya dirujuk ke rumah sakit dan Puskesmas Ranap (rawat inap) terdekat di sekitar wilayah Puskesmas Tanah Kali Kedinding Surabaya," kata Nanik di Surabaya, Sabtu.

Baca Juga: Bupati Sleman Pastikan Pemkab Tanggung Biaya Pengobatan 42 Warga yang Diduga Keracunan Makanan

Untuk penanganan lebih lanjut, Nanik mengatakan, Puskesmas Tanah Kali Kedinding melakukan pemantauan intensif terhadap pasien yang masih dalam perawatan.

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas.com


TERBARU