> >

Megawati Didampingi Ganjar Resmikan Patung Bung Karno Setinggi 6 Meter di Sleman Yogyakarta

Jawa tengah dan diy | 23 Agustus 2023, 17:52 WIB
Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Bung Karno di Sleman, DIY, Rabu (23/8/2023) bersama bacapres PDI-P Ganjar Pranowo dan rombongan. (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)

SLEMAN, KOMPAS.TV - Presiden Kelima Republik Indonesia (RI) Megawati Soekarnoputri didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan patung Bung Karno di Omah Petroek Karangklethak, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sore ini, Rabu (23/8/2023).

Patung figur Ir. Soekarno setinggi 6 meter itu merupakan karya pematung kenamaan Dunadi.

Sebelumnya, seniman Dunadi telah membuat 15 monumen Soekarno.

Ia juga merupakan pembuat patung Bung Karno yang diletakkan di halaman Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Jakarta Pusat dengan tinggi 4 meter.

Berdasarkan pantauan dari Breaking News Kompas TV, Rabu (23/8/2023) patung berbentuk Presiden Pertama RI itu menampilkan sosok Bung Karno yang sedang berdiri tegak sambil memegang buku dengan tangan kirinya.

Sementara tangan kanan patung Bung Karno itu menunjuk ke atas, mengacungkan jari telunjuk ke langit.

Baca Juga: Megawati Ngaku Sering Batuk Gegara Polusi di Jakarta, Minta Jokowi Tanam Pohon di IKN

Megawati tampak menandatangani prasasti sebagai bentuk peresmian patung Bung Karno ini.

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu pun tampak didampingi oleh bakal calon presiden (bacapres) partai berlambang kepala banteng, Ganjar Pranowo.

Selain Ganjar, tampak juga Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristyanto menemani Megawati dalam acara peresmian patung Proklamator RI ini.

Penulis : Nadia Intan Fajarlie Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU