> >

Waspada! Paparan Sinar UV di DI Yogyakarta Hari Ini Sangat Tinggi, Begini Efeknya

Jawa tengah dan diy | 24 September 2023, 12:30 WIB
Ilustrasi sinar matahari. BMKG meminta warga DI Yogyakarta waspada sinar UV sangat tinggi hari ini, Minggu (24/9/2023) (Sumber: Shutterstock)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada warga Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta untuk mewaspadai paparan sinar ultraviolet (UV) matahari ekstrem hari ini, Minggu (24/9/2023).

Menurut Peta Indeks Sinar UV Matahari BMKG hari ini, level paparan sinar UV di Yogyakarta sangat tinggi (merah) dari pukul 11.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.

Kategori paparan sinar UV merah artinya, tingkat bahaya tinggi bagi orang yang terpapar matahari tanpa pelindung, diperlukan tindakan pencegahan ekstra karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dengan cepat.

Kepala Stasiun Meteorologi Yogyakarta Warjono mengatakan apabila seseorang terpapar langsung sinar UV yang tinggi akan berdampak bagi tubuh.

Baca Juga: Minggu Pagi, Kualitas Udara Jakarta Tidak Sehat, Nomor 3 Paling Berpolusi di Dunia

"Kalau terkena paparan langsung di kulit, efeknya seperti terbakar," kata Warjono, Minggu, dikutip dari Antara.

Warjono menjelaskan, paparan sinar UV matahari di Daerah Istimewa Yogyakarta hari ini baru akan turun ke level tinggi (jingga) pada pukul 13.00 WIB dan turun lagi menjadi moderat hingga rendah dari pukul 14.00 sampai 15.00 WIB.

Penyebab Sinar UV Matahari Tinggi

Sinar ultraviolet (UV) adalah bagian gelombang elektromagnetik dari energi radiasi matahari pada pita 100-400 nanometer (nm).

Radiasi matahari yang menjangkau permukaan Bumi sendiri berada pada sekitar panjang gelombang 100 nm sampai dengan 1 mm.

Warjono menyampaikan bahwa paparan sinar UV matahari level tinggi sampai ekstrem biasa terjadi selama musim kemarau.

Penulis : Dian Nita Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU