> >

Libur Nataru 2023/2024, Tiket Kereta Api Keberangkatan Awal Daop 6 Yogya Sudah Dipesan 80 Persen

Jawa tengah dan diy | 27 Desember 2023, 16:00 WIB
Ilustrasi. Stok tiket KA keberangkatan awal Daop 6 pada masa libur Nataru 2024 menipis. (Sumber: Humas Daop 6 Yogyakarta)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta mencatat pada masa Nataru 2023/2024, okupansi kereta api keberangkatan awal daerah operasi ini hingga tanggal 2 Januari 2024 secara rata-rata sudah di atas 80 persen.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro mengatakan, khusus di tanggal tertentu seperti 27 Desember 2023 dan 1 Januari 2024 tiket KA keberangkatan awal Daop 6 bahkan sudah habis.

Adapun untuk tanggal 3 hingga 7 Januari, kata Krisbiyantoro, okupansinya masih rendah yaitu di bawah 60 persen.

"Oleh karenanya Daop 6 mengingatkan masyarakat yang belum mendapatkan tiket untuk balik dapat segera merencanakan perjalanannya dengan baik. Hal tersebut karena minat masyarakat yang begitu tinggi untuk menggunakan KA," kata Krisbiyantoro dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/12/2023).

Baca Juga: PT KAI DAOP 6 Yogyakarta Siapkan Pengamanan Libur Natal dan Tahun Baru

Menurutnya minat masyarakat yang begitu tinggi terhadap transportasi kereta api pada libur Nataru ini bukannya tanpa alasan.

"Jika dibandingkan kendaraan pribadi atau moda transportasi lainnya, kereta api lebih aman, bebas macet, dan nyaman," ungkap Dia.

Untuk mengecek secara berkala ketersediaan tiket, Krisbiyantoro mengimbau calon penumpang menggunakan aplikasi Access by KAI.

Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan. 

Connecting train adalah salah satu fitur di aplikasi Access by KAI yang membantu memberikan alternatif perjalanan kereta api dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

Penulis : Dian Nita Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU