> >

Pengakuan Eksekutor Pembunuhan di Karawang: Diajak Kerja di Angkringan, Sempat Tolak Bunuh Arif

Jawa barat | 19 Januari 2024, 13:30 WIB
Rizal Nur Firdaus atau RZ (24), tersangka pelaku pembunuhan di Karawang, Jawa Barat, di Mapolres Karawang, Kamis (19/1/2024). (Sumber: Kompas.com/Farida)

KARAWANG, KOMPAS.TV - Rizal Nur Firdaus alias RZ (24), tersangka eksekutor pembunuhan berencana di Karawang, Jawa Barat, memberikan pengakuannya terkait tewasnya Arif Sriyono yang direkayasa seolah menjadi korban pembegalan.

Rizal ditangkap di rumahnya di Kecamatan Sumbang, Banyumas, Jawa Tengah pada Rabu (17/1/2024). Ia sempat hendak kabur hingga polisi menembak kakinya.

Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan Rizal datang ke Karawang lantaran diajak untuk bekerja di angkringan bersama tersangka lain, yakni Pandu (19).

Rizal yang memang tengah menganggur pun datang ke Karawang pada 24 Desember 2023.

Baca Juga: Tabiat Ossy Claranita Dibongkar Mertua, Bawa Selingkuhan saat Suaminya Arif Sriyono Drop Cuci Darah

“(Rizal) dijemput oleh tersangka PD (Pandu) dan sempat diinapkan di rumah kediaman selingkuhan dari tersangka OC (Ossy Claranita Nanda Tiar),” kata Wirdhanto, Kamis (18/1/2024).

Beberapa hari kemudian, Ossy menemui Rizal dan menceritakan kondisi rumah tangganya dengan Arif. Ossy mengaku mengalami penganiayaan dan tidak dinafkahi.

Ossy lantas meminta bantuan Rizal untuk membunuh Arif. Mulanya, Rizal menolak. Akan tetapi, Ossy terus membujuk. Ossy juga kerap memberikan uang, rokok, hingga minuman keras (miras) kepada Rizal.

“Ada juga OKT (obat keras tertentu) diberikan di situ selama kurang lebih 1-2 hari di Karawang,” jelas Wirdhanto, seperti dikutip dari Kompas.com.

Dengan iming-iming uang Rp1,5 juta dan motor Vixion milik korban, Rizal akhirnya mau membunuh Arif sesuai dengan skenario yang dibuat Ossy.

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas.com


TERBARU