> >

Gempa Berkekuatan 6,1 Magnitudo Guncang Gorontalo, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami

Sulawesi | 24 September 2024, 07:18 WIB
Ilustrasi gempa bumi. (Sumber: Shutterstock)

GORONTALO, KOMPAS.TV - Gempa bumi berkekuatan 6,1 magnitudo mengguncang wilayah Gorontalo dan sekitarnya, Selasa (24/9/2024) pukul 02.51 WIB atau 03.51 WITA.

Pusat gempa berada pada jarak sekitar 145 km dari lokasi terdekat dengan koordinat 0,11 derajat Lintang Selatan dan 122,92 derajat Bujur Timur

Kejadian ini mengejutkan warga yang sedang terlelap, dan menyebabkan kepanikan hingga banyak orang berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono menjelaskan gempa yang mengguncang wilayah Gorontalo ini merupakan jenis menengah.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis menengah akibat adanya aktivitas deformasi dalam lempeng Sangihe," ujar Daryono dikutip dari Kompas.com.

Meski gempa tergolong cukup kuat, BMKG menegaskan bahwa tidak ada potensi tsunami yang ditimbulkan.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami," tegas Daryono. 

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa ini memiliki pergerakan naik atau thrust fault.

Baca Juga: Cara Unik Simulasi Tanggap Bencana Gempa Bumi Melalui Sendratari

Getaran gempa dirasakan cukup kuat di beberapa daerah. Daryono menyebutkan bahwa gempa berdampak dan dirasakan di Kotamobagu, Bolaang Mongondow Selatan, dan Pohuwato dengan skala intensitas III-IV MMI (Modified Mercalli Intensity).

Penulis : Danang Suryo Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU