> >

Mengenal Amul Huzni, Tahun Kesedihan dan Hadiah Isra Miraj bagi Nabi Muhammad

Beranda islami | 23 Februari 2022, 12:27 WIB
Ilustrasi langit yang bergetar karena sebuah tangisan. Kisah di bawah ini merupakan kisah Amul Huzni, kisah kesedihan yang terjadi sebelum Isra Miraj Nabi Muhammad (Sumber: FelixMittermeier/Pixabay)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam islam dikenal peristiwa Amul Huzni, atau tahun-tahun kesedihan. Amul Huzni ini erat kaitannya dengan peristiwa Isra Miraj yang dialami Nabi Muhammad pada 27 Rajab.

Amul Huzni adalah tahun kesedihan yang membuat hati Nabi Muhammad merasa begitu sedih. Lantas, apa yang membuatnya sedih?

Salah satunya yang membuat beliau bersedih lantaran beliau ditinggalkan oleh dua orang yang begitu beliau dikasihi. Dua orang yang selama ini menjadi penjaga bagi Nabi Muhammad SAW. 

Apalagi, di tahun-tahun tersebut, cobaan terhadap kaum muslim atas dakwah beliau sedang menjadi-jadi. Teror, siksaan dan hujatan seakan datang tak henti-hentinya. 

Nabi Muhammad, keluarga dan mereka yang percaya akan Islam juga diboikot oleh Quraisy, tidak boleh berdagang maupun aktivitas lainnya yang beririsan dengan penduduk.

Hal itu ditambah, dua orang yang dikasihinya tersebut, yakni istri beliau Sayyidah Khadijah dan pamannya Abu Thalib wafat.

Dikutip dari Sirah Nabawiyah ar-Rahiq Al-Maktum karya Syeikh Syafiyurrahman Al-Mubarakfuri, Amul Huzni tersebut terjadi kira-kira menjelang Isra Miraj atau menjelang tahun kesepuluh Kenabian atau 619 Masehi.

 Baca Juga: Gambaran Neraka yang Bikin Nabi Muhammad Menangis Tersedu-sedu

Wafatnya Sayyidah Khadijah

Peristiwa pertama yang menjadikan tahun tersebut sebagai tahun duka (amul huzni) adalah berpulangnya Sayyidah Khadijah. Beliau adalah sosok yang menemani Nabi Muhammad selama 28 tahun.

Sayyidah Khadijah juga merupakan seorang ummul mukminin, yakni ibunda bagi seluruh orang beriman. Julukan ini lantaran beliau adalah sosok pertama yang masuk Islam dari perempuan dalam sejarah.

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU