A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined property: stdClass::$iframe

Filename: controllers/Amp.php

Line Number: 297

Backtrace:

File: /var/www/html/frontend-v2/application/controllers/Amp.php
Line: 297
Function: _error_handler

File: /var/www/html/frontend-v2/application/controllers/Amp.php
Line: 67
Function: gen_content_article

File: /var/www/html/frontend-v2/index.php
Line: 314
Function: require_once

Pentingnya Tidur Yang Berkualitas dan Beristirahat Disebutkan Allah Dalam Firman-Nya

> >

Pentingnya Tidur Yang Berkualitas dan Beristirahat Disebutkan Allah Dalam Firman-Nya

Beranda islami | 1 Mei 2020, 07:08 WIB
QS An-Naba ayat 9 (Sumber: Kompas TV)

Manusia dengan beragam karakter dan kebiasaan yang mejadi cerminan diri pada kesehariannya. Salah satunya adalah karater yang rileks. Kebiasan atau karakter orang yang rileks pun banyak derivasinya. Di antaranya tentang tidur, obesitas, dan bahkan zikir.  Tema-tema tersebut lebih mengacu pada kebiasan masyarakat terutama manusia urban yang selalu tegang, depresi dan stres.

Kecenderungan pola hidup yang sembarangan membuat manusia urban kehilangan keseimbangan. Ternyata akar dari semua itu adalah kehidupan yang tidak islami, yaitu pola hidup yang jauh dari tuntunan nabi.

Pola hidup yang baik dan nyaman adalah sebuah kebutuhan bagi manusia yang hidup di bumi. Khususnya manusia yang hidup sebagai masyarakat urban yang tinggal di kota besar. Cepatnya laju perkembangan kota besar membuat masyarakat urban dituntut untuk berpacu untuk kehidupannya.

Kebiasaan tidur Rasulullah (Sumber: Kompas TV)

Salah satunya adalah pola tidur. Tidur adalah salah satu aktifitas yang menyenangkan. Saat tidur keadaan fisik kita akan menjadi tenang, rileks dan fresh.

Selain dapat mengontrol emosi dengan tidur yang berkualitas kita dapat bersemangat dan fokus dalam aktivitas kita sehari-hari. Selain gaya hidup, tingginya tuntutan pekerjaan dan aktifitas sehari-hari menjadikan pola tidur kita terganggu. Aktifitas tidur sangat personal karena berbeda pada tidur individu. Tidur seseorang dipengaruhi oleh usia, pekerjaan dan temperamen.

Sebagian besar orang mungkin mempunyai persepsi yang sebaliknya dari fakta bahwa orang yang beraktifitas dengan otak, memerlukan tidur yang lebih banyak daripada orang yang beraktifitas dengan fisik. Pola tidur yang tidak sehat dapat menyebabkan emosi yang tidak stabil, lelah dan berkurangnya kemampuan berpikir. Tidak sedikit dari kita yang mengidap penyakit tidur yang dikenal dengan istilah insomnia.

Kebiasaan tidur Rasulullah (Sumber: Kompas TV)

Dengan tidur ketenangan dan rasa lapang dapat tercapai serta rasa lelah dan kepenatan dapat hilang seketika. Salah satu cara untuk mensyukuri nikmat tidur adalah dengan menunaikannya dengan baik dan benar. Islam tidak mempunyai patokan tidur dengan ukuran waktu. Tidur yang baik bukan hanya pada lama dan singkatnya tidur, tapi lebih pada kualitas tidur.

A Baro bin Azib, Nabi Muhammad SAW bersabda: "Jika kamu mendatangi tempat tidurmu, maka wudhulah seperti wudhu untuk salat. Lalu berbaringlah pada sisi kananmu."  (HR Bukhari).

Rasulullah Muhammad SAW sebagai tauladan telah memberikan keterangan yang jelas mengenai bagaimana seharusnya umat muslim memperlakukan nikmat tidur yang dianugerahkan kepadanya. Rasulullah senantiasa memperlakukan tidur dengan etika yang baik. Sebelum tidur sebaiknya berwudhu, kemudian berbaring menghadap ke kanan.

"Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu." (HR Bukhari).
manfaat tidur seperti in adalah agar seseorang tidak kesusahan untuk bangun salat malam.

Penulis : Herwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU