Kompas TV nasional update

Berakhir Hari Ini, Apakah PPKM akan Diperpanjang Lagi? Pemerintah Sebut BOR Menurun Secara Nasional

Kompas.tv - 16 Agustus 2021, 06:09 WIB
berakhir-hari-ini-apakah-ppkm-akan-diperpanjang-lagi-pemerintah-sebut-bor-menurun-secara-nasional
ILUSTRASI: Penyekatan PPKM Level 4 Jawa-Bali (Sumber: IAN - KOMPAS TV)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 se Jawa-Bali yang sudah diperpanjang empat kali akan berakhir hari ini ,  Senin, 16 Agustus 2021.

Lalu, apakah akan diperpanjang lagi? Atau dibuat kebijakan pelonggaran?

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai keputusan tersebut. Tapi pemerintah mengklaim adanya penurunan bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit selama masa PPKM.

Baca Juga: PPKM Belum Usai, Puncak Bogor Sudah Ramai

Bahkan, pemerintah mengklaim, penurunan BOR tak hanya dialami oleh seluruh provinsi di Pulau Jawa, tapi juga terlihat dalam skala nasional. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangannya di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (15/8/2021).

"Alhamdulillah BOR di Jakarta sudah berada di kisaran 29,4 persen. Sementara di Jawa Barat 32 persen, dan Jawa Tengah 38,3 persen," ungkapnya.

Kemudian, BOR di Jawa Timur saat ini tercatat 52,3 persen, Banten 33,4 persen, dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 54,7 persen.

"Juga BOR di Wisma Atlet yang juga sudah turun di angka 19,64 persen. Secara nasional, BOR nasional kita berada di angka 48,14 persen," imbuh Presiden Jokowi.

Sejalan dengan kondisi terkini, Presiden Jokowi pun meminta supaya laju vaksinasi Covid-19 harian terus dipecepat.

Karena, secara nasional, laju vaksinasi harian saat ini telah berhasil mencapai 1,6 juta suntikan dalam satu hari pada puncaknya.

Selain itu, menurut Presiden Jokowi, isolasi terpusat juga mesti digencarkan karena memegang peranan penting dalam mengendalikan penyebaran Covid-19.

Dengan demikian, pengetesan dan penelusuran kasus konfirmasi positif Covid-19 juga menjadi tugas yang tak kalah penting untuk terus ditingkatkan.

Presiden Jokowi memaparkan, dalam seminggu terakhir, angka testing di Indonesia berkisar di antara 130 ribu sampai 140 ribu. Sementara indikator tracing berada di angka lima sampai tujuh.

"Meskipun ini masih berada di kategori sedang, tetapi saya patut mengapresiasi karena ada peningkatan," ujar Presiden Jokowi. 

"Testing harus terus diperbanyak agar kita mengetahui mereka yang terpapar sehingga segera bisa ditangani dan tidak menularkan kepada orang lain," tandasnya.

Baca Juga: Secara Nasional BOR Turun, Jokowi Minta Peningkatan Vaksinasi dan Testing



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x