Kompas TV nasional kesehatan

Simak! Berikut Tips Satgas bagi Penyintas Covid-19 agar Tak Alami Gejala Long Covid

Kompas.tv - 27 Agustus 2021, 23:01 WIB
simak-berikut-tips-satgas-bagi-penyintas-covid-19-agar-tak-alami-gejala-long-covid
Ilustrasi isolasi mandiri. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Reisa Brotoasmoro mengungkapkan sebagian pasien yang berhasil sembuh dari Covid-19 tidak dapat langsung menikmati kesehatan yang prima.

Reisa menyebut, semua orang yang tertular virus corona berpotensi mengalami sindrom post-Covid (kondisi pasca-Covid-19) atau yang disebut long Covid

Kondisi itu bisa dialami oleh penderita Covid-19 orang tanpa gejala (OTG), bergejala ringan, sedang maupun berat.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengidentifikasi dampak jangka panjang yang dialami oleh para penyintas Covid-19.

"WHO menyatakan sekitar seperempat penyintas di dunia mengalami gejala yang berlanjut selama setiidaknya satu bulan. Sementara satu di antara 10 penyintas, masih belum sehat penuh setelah 12 minggu," kata Reisa dalam konferensi pers secara virtual yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (27/8/2021). 

Dia menambahkan, menurut beberapa literatur penelitian, diperkirakan ada kurang lebih 200 gejala yang dikenali pada gejala long Covid-19, seperti di antaranya kelelahan, batuk berkepanjangan, ada yang nyeri dada dan otot, sesak nafas atau mengalami disfungsi kognitif.

"Penyakit ini baru dan virusnya juga masih berubah-ubah, maka para ahli dan tenaga medis belum bisa menyimpulkan pola umum gejala kondisi pasca-Covid-19," ujarnya. 

Untuk mencegah long Covid, Reisa mengungkapkan terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan para penyintas yang baru saja sembuh dari Covid-19.

Baca Juga: Berikut 13 Gejala ‘Long Covid’, Bisa Bertahan Berbulan-bulan

"Yang paling disarankan adalah harus tetap mempertahankan kondisi kesehatan badannya seperti pada saat berjuang sembuh," tegasnya. 

Tak hanya itu dia juga menyarankan para penyintas untuk tetap memakan makanan bergizi seimbang, melakukan olahraga rutin dan teratur sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan tubuh dan menjaga kebersihan lingkungan.

Mereka juga diminta lebih sering berada atau beraktivitas di ruang yang memiliki ventilasi yang bagus dan meneruskan kebiasaan untuk berjemur di bawah sinar matahari.

"Tetap konsumsi vitamin dan suplemen sesuai saran dokternya masing-masing. Tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan," ungkapnya. 

Kondisi tubuh yang makin prima dan kondisi kebugaran yang membaik, lanjut dia akan membuat kesehatan secara menyeluruh meningkat dan gejala-gejala pasca-Covid dapat berangsur dikendalikan. 

Lebih lanjut dia juga menekankan apabila berselang tiga bulan setelah sembuh, penyintas jangan lupa daftarkan diri untuk menjalani vaksinasi Covid-19 dan pertahankan terus melakukan konsultasi dengan dokter. 

"Konsul yang rutin dapat membantu dokter menyarankan tindakan yang tepat, apabila gejala-gejala tersebut tetap bertahan, termasuk memahami apakah penyakit atau kondisi penyerta lainnya ikut memengaruhi kondisi badan pasca Covid-19," tegasnya. 

Baca Juga: Penyintas Covid-19 Wajib Waspadai Gejala "Long Covid" yang Bisa Terjadi

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x