Kompas TV olahraga kompas sport

Esport Resmi Jadi Cabang Olahraga Eksibisi di PON XX Papua, Terbuka untuk Umum

Kompas.tv - 29 Agustus 2021, 17:14 WIB
esport-resmi-jadi-cabang-olahraga-eksibisi-di-pon-xx-papua-terbuka-untuk-umum
Konferensi pers PB ESI mengenai hasil survei dan cabor eksibisi yang dihadiri oleh Ketua Pelaksana Eksibisi Esports PON XX Papua Glorya Famiela Ralahalo dan Ketua E-Sports Kabupaten Jayapura Gustav Griapon. (Sumber: ANTARA/HO-Diskominfo Kabupaten Jayapura)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Glorya Famiela Ralahalo selaku Ketua Pelaksana Eksibisi Esport PON XX Papua mengonfirmasi bahwa Esport akan menjadi salah satu cabang olahraga (cabor) yang diberikan kesempatan untuk menggelar laga eksibisi. 

Ini akan menjadi debut cabor Esport di Pekan Olahraga Nasional. Selain Esport, menurut Glorya ada sembilan cabor lain yang akan diberi kesempatan ber-eksibisi di PON XX Papua. 

Glorya menjelaskan akan ada tiga nomor yang dipertandingkan di cabor Esport, yakni Free Fire, Mobile Legends Bang Bang, serta eFootball PES. Untuk dua nomor pertama akan dimainkan secara 'battle royale' pada akhir September 2021 nanti. 

Baca Juga: PON Papua Tinggal Hitungan Hari, Anggaran dari APBN Belum juga Cair

“Esports menjadi salah satu cabang olahraga dari sepuluh cabang yang akan mengikuti eksibisi PON XX di Papua. Pada eksibisi tersebut akan dipertandingkan tiga nomor pertandingan dengan genre secara battle royale gim Free Fire, Mobile Legends dan eFootball PES,” jelas Glorya, dikutip dari Antara

“Sementara untuk gim sepak bola yakni eFootbaal PES itu akan dipertandingkan secara perorangan ataupun ganda pada console gim,” tambahnya.

Cabor eksibisi Esport PON XX ini dibuka untuk umum, artinya siapapun dapat berpartisipasi di dalamnya. 

Pendaftarannya sendiri dilakukan secara daring via garudaku.com. Syarat-syaratnya sendiri adalah minimal berusia 13 tahun, memiliki bukti domisili sesuasi kualifikasi provinsi (KTP, KK, dsb).

Seleksi atlet Esport sendiri sudah dilakukan sejak bulan Juli 2021 silam.

Baca Juga: Panglima TNI, Kapolri, dan Menpora Pantau Vaksinasi Corona Jelang PON XX Papua 

“Pendaftarannya bisa dilakukan secara daring di website garudaku.com dan akan diikuti oleh seluruh atlet dari 34 provinsi yang ada di Indonesia,” cetus Glorya.

“Jadi setiap daerah nanti akan mengirimkan tim atau atlet untuk mewakili daerahnya masing-masing dan seleksinya ini akan dilakukan di masing-masing provinsi."

Venue atau lokasi yang akan digunakan untuk eksibisi Esports ini, kata Glorya, akan menumpang di venue Kriket, di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura.

"Kita sudah survei lokasinya dan sangatlah layak,” tutupnya.

 



Sumber : Pemkab Jayapura


BERITA LAINNYA



Close Ads x