Kompas TV internasional kompas dunia

Kroasia Resmi Beli 12 Jet Tempur Canggih Rafale Prancis

Kamis, 25 November 2021 | 23:14 WIB
kroasia-resmi-beli-12-jet-tempur-canggih-rafale-prancis
Pemerintah Kroasia memilih jet Prancis setelah proses penawaran panjang yang mencakup penawaran untuk F-16 dari Amerika Serikat, pesawat JAS-39 Gripen dari Swedia, dan menggunakan F-16 dari Israel. (Sumber: France24 via AFP)

ZAGREB, KOMPAS.TV - Kroasia pada Kamis (25/11/2021) menandatangani kesepakatan untuk membeli 12 jet tempur Rafale Prancis senilai hampir 1 miliar euro yang menurut para pejabat akan sangat memperkuat angkatan udaranya di tengah ketegangan yang berkepanjangan di Balkan, seperti dilansir France24.

Dua jet tempur Rafale terbang rendah di atas ibukota Kroasia setelah upacara penandatanganan.

Pemilihan jet tempur Prancis itu diumumkan pada bulan Mei, mengikuti proses penawaran yang panjang yang terganggu oleh penundaan. Tawaran lain kepada Kroasia saat itu termasuk F-16 baru dari Amerika Serikat, JAS-39 Gripen baru dari Swedia, dan F-16 bekas dari Israel.

Eric Trappier, CEO Dassault Aviation pabrikan pembuat jet Rafale mengatakan mereka “akan memberikan kepuasan penuh kepada Angkatan Udara Kroasia, sambil secara aktif berkontribusi pada penjagaan kedaulatan nasional Kroasia”.

Baca Juga: Mantap! Indonesia Borong Puluhan Jet Tempur, KSAU: Ada 36 Unit Rafale dan 8 F-15 EX

Pemerintah Kroasia memilih jet Prancis setelah proses penawaran panjang yang mencakup penawaran untuk F-16 dari Amerika Serikat, pesawat JAS-39 Gripen dari Swedia, dan menggunakan F-16 dari Israel. (Sumber: Tim Felce/Airwolfhound)

Pejabat Kroasia sebelumnya mengatakan, pembelian tersebut bernilai 999 juta euro dan akan melibatkan 10 pesawat bermesin ganda F3R Rafale dengan tempat duduk tunggal dan dua tempat duduk.

Enam Rafale pertama dijadwalkan akan dikirimkan pada tahun 2024, sisanya akan dikirimkan pada tahun berikutnya.

Jet tempur canggih Prancis itu akan menggantikan MiG-21 gaek era Soviet yang masih beroperasi yang pertama kali dikembangkan tahun 1950-an.

Sebagian besar MiG Kroasia awalnya diambil dari militer Yugoslavia yang mencoba menghentikan pemisahan Kroasia dari bekas federasi yang didominasi Serbia.

Kroasia, yang merupakan anggota NATO dan Uni Eropa, sedang dalam perlombaan senjata skala kecil dengan sekutu Rusia tetangganya, Serbia, yang baru-baru ini menerima enam jet tempur MiG-29 bekas dari Rusia dan empat lagi jenis yang sama dari Belarus.

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

Sumber : France24



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
04:07
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19