Kompas TV kolom catatan jurnalis

Obituari: Mengenang Syamsul Bahrie, Kameramen Senior KOMPAS TV yang Baik Hati

Senin, 29 November 2021 | 16:20 WIB
obituari-mengenang-syamsul-bahrie-kameramen-senior-kompas-tv-yang-baik-hati
Almarhum Syamsul Bahrie, Kameramen Senior KompasTV (Sumber: Istimewa )

Oleh Abdul Rosyid, Superintendent News Gathering KOMPASTV

"Assalaamu'alaikum Bang Ocid, Syamsul telah wafat. Mohon doanya." Begitu bunyi pesan singkat Marina, istri Syamsul Bahrie, kawan baik saya. Cenderung datar, tapi ada ketegasan untuk memastikan isi pesan tersampaikan langsung.

Dan memang langsung "sampai". Dada saya bergemuruh. Kelopak mata berkedut seperti hendak memuntahkan semua rasa. Konsentrasi pecah. Saya memang tengah di belakang panggung, hendak menuju stage, untuk memainkan beberapa lagu punk rock dan hard core di sebuah gigs kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (29/11/2021) malam.

Tanpa dikontrol, isi kepala melayang ke berbagai momen. Yang serius banyak, apalagi yang bercanda. Bahkan pertengkaran pun ada. Tapi sehat, karena masing-masing menyadari tujuan dari kesetiaan bergaul di antara kami.

Biasanya, judulnya ngopi. Bisa di rumah saya, rumah almarhum, atawa warung kopi yang searah perjalanan kami pulang kerja dari Palmerah. Kebetulan rumah kami berdekatan di kawasan Ciledug.

Bang Acul, saya biasa memanggil begitu, selalu tertarik dengan gagasan bagaimana membuat paket liputan yang baik. Dia percaya di balik karya bagus, ada pribadi yang punya prinsip bekerja yang baik.

Dari situ dia acapkali mengungkapkan kegusarannya tentang wartawan yang bekerja pas bandrol. Cuma menghabiskan jam kerja, tanpa berpikir untuk membuat sebuah karya yang nendang dan berpengaruh.

Baca Juga: Kompas TV Berduka, Jurnalis Syamsul Bahrie Tutup Usia

Ada kalanya ngopi kami dihadiri pihak ketiga, keempat, atau lebih. Entah reporter atau kameraman. Nah, di sini Bang Acul suka menyempilkan gagasan-gagasannya dalam obrolan bersama.

Sebenarnya Bang Acul bukan orang yang banyak omong. Sebaliknya cenderung diam. Tapi, setiap berbicara, almarhum tidak "katanya-katanya". Dia menceritakan pengalamannya sendiri. Terasa wajar dan mengena.

Penulis : Zaki Amrullah | Editor : Iman Firdaus

Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:48
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19