Kompas TV nasional peristiwa

Hari Ini Kawasan Puncak Bogor Diberlakukan Rekayasa Lalu Lintas

Kompas.tv - 28 Februari 2022, 11:21 WIB
hari-ini-kawasan-puncak-bogor-diberlakukan-rekayasa-lalu-lintas
Ilustrasi kemacetan di Jalur Puncak, Bogor. (Sumber: Kontan.co.id)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Desy Afrianti

BOGOR, KOMPAS.TV - KBO Lantas Polres Bogor Iptu Ketut Lasswarjana memprediksi, kepadatan lalu lintas di kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat, akan terjadi hingga hari ini Senin (28/2/2022). 

Hal ini dikarenakan long weekend atau libur panjang yang terjadi akhir pekan ini. Bertepatan dengan tanggal merah atau libur perayaan Isra Miraj tahun 2022. 

Polisi dan petugas gabungan terus bersiaga di kawasan Puncak mulai exit tol Ciawi hingga berbagai titik rawan macet dan tempat wisata. Rekayasa lalu lintas seperti pemberlakuan sistem satu arah atau one way juga akan diterapkan hingga Senin (28/2/2022). 

“Kami melaksanakan rekayasa-rekayasa lalu lintas penarikan atau prioritas (kendaraan) yang mengarah ke atas kalau arusnya ada kepadatan beberapa kilometer (Km) kita laksanakan oneway,” kata Ketut dilansir dari NTMC Polri, Minggu (27/2/2022).

“Prediksi hari Minggu dan hari Senin, karena libur kami memprediksi ada peningkatan kendaraan yang berwisata ke Puncak,” ujarnya.

Baca Juga: Mau ke Kawasan Puncak di Long Weekend Ini? Perhatikan Aturan Ganjil-Genap dan Sistem Satu Arah!

Update Lalin di Kawasan Puncak

Adapun pagi ini arus lalu lintas di kawasan wisata Puncak, Bogor dilaporkan masih normal usai terjadi kemacetan Minggu (27/2/2022) kemarin.

“Untuk pagi ini normal,” kata Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, Senin (28/2/2022).

Untuk mengantisipasi kemacetan di kawasan Puncak, polisi hari ini akan memberlakukan ganjil genap. Hanya kendaraan berpelat genap saja yang boleh melintasi kawasan Puncak.

“Ganjil genap berlaku hari ini,” ucapnya.

Petugas Satlantas Wilayah Bogor disiagakan di sejumlah titik pintu masuk ke Bogor dari arah Jakarta. Salah satunya di Pos Gadog.

“Petugas akan melakukan penyaringan kendaraan dari Jakarta yang ke Puncak di Pos Gadog,” ucapnya.

Kendaraan yang akan ke Puncak yang tidak sesuai dengan aturan ganjil genap akan dikeluarkan.

“Yang tidak sesuai akan dikeluarkan ke Ciawi dan seterusnya,” ungkapnya.

Sebelumnya, kemacetan panjang terjadi sejak Minggu (27/2/2022) pagi, yang didominasi kendaraan plat B. Antrean di tol mencapai tiga jalur dan mengular dari Exit Tol Ciawi hingga Gadog. 

Selain antrean keluar Exit Tol Ciawi, kemacetan juga diakibatkan karena adanya penyempitan jalan di beberapa titik seperti di Gadog, Simpang Cipayung Megamendung, hingga Pasar Cisarua.

Baca Juga: Libur Panjang di Akhir Pekan, Jalur Menuju Puncak Macet! Petugas Gabungan Berlakukan Ganjil-Genap

Baca Juga: Masuki Libur Panjang, Antrean Kendaraan dari Jakarta Padati Kawasan Puncak



Sumber : NTMC Polri


BERITA LAINNYA



Close Ads x