Kompas TV nasional berita utama

Riza Patria sebut Covid-19 di Jakarta Mulai Melandai: BOR Mencapai 40 Persen

Senin, 28 Februari 2022 | 14:09 WIB
riza-patria-sebut-covid-19-di-jakarta-mulai-melandai-bor-mencapai-40-persen
Petugas mendorong tabung oksigen saat menyiapkan ruangan perawatan pada Tower 8 Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Pademangan, Jakarta, Selasa (15/6/2021) (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, kasus Covid-19 di DKI sudah mulai melandai.

Satu di antara indikatornya adalah jumlah keterisian tempat tidur rumah sakit di Jakarta yang saat ini berada di angka 40 persen.

Demikian Ahmad Riza Patria menyampaikan dalam wawancara dengan jurnalis KOMPAS TV Nizar Ramadika saat meninjau acara donor darah di kawasan Kepala Gading, Jakarta Utara, Senin (28/2/2022).

“BOR (Bed Occupancy Rate) itu sudah mencapai 40 persen dari 6.837 terpakai 2.705. ICU dari 943 terpasang, terpakai 428 sudah 45 persen Jadi BOR-nya 40 persen, ICU 45, jadi ini ada peningkatan,” ucap Riza Patria.

Baca Juga: Maia Estianty Positif Covid-19 Tiga Kali, Apa Sebab Seseorang Bisa Terinfeksi Berulang-ulang?

Kendati angka Covid-19 menurun di Jakarta, Riza menekankan kepada masyarakat DKI untuk selalu hati-hati dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Jadi himbauan kepada masyarakat untuk hati-hati, sekalipun secara umum ada penurunan, tapi tetap perlu kita tingkatkan kewaspadaan kita bersama,” tegasnya.

Riza menambahkan, berdasarkan data Omicron per tanggal 27 Februari 2022 kasus mencapai 4.799 dan didominasi kasus transmisi lokal sebanyak 3.049 atau 63,2 persen.

Sementara untuk penularan Omicron dari import kasusnya ada 1.774 atau 36,8 persen.

“Kemudian juga perlu jadi perhatian kita bersama, sekalipun ini kasusnya terus mulai melandai, kita meminta ada peningkatan penindakan seluruh jajaran untuk menindak siapa saja unit-unit kegiatan usaha yang melanggar atau unit kegiatan lainnya,” ujarnya.

Baca Juga: Kasus Aktif Covid-19 DKI Turun, Anies: Jangan Coba Puas, Ini Masih Dua Kali dari Gelombang Pertama

“Dan kami membutuhkan masyarakat untuk segera melaporkan kepada kami apabila ada tempat atau perkantoran, pasar, mall, kafe, semuanya yang melanggar Prokes agar dilaporkan. Supaya kita bisa memberikan sanksi sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ada,” tambahnya.

Lantas dikonfirmasi, apalah level untuk penularan kasus Covid-19 di DKI akan turun dengan fakta adanya penurunan.

“Sudah sering kami sampaikan, level PPKM itu ditentukan oleh pemerintah pusat, oleh satgas pusat kami Pemprov mendukung berbagai kebijakan satgas pusat dalam hal ini Menko atau Pak Luhut,” ucapnya.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by
jixie-logo



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Rumah Ambruk Tergerus Arus Sungai

Rabu, 7 Desember 2022 | 16:40 WIB
Close Ads x