Kompas TV advertorial

Sambut HUT Ke-40, Sarana Jaya Raih Sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan

Kompas.tv - 18 Maret 2022, 19:19 WIB
sambut-hut-ke-40-sarana-jaya-raih-sertifikat-sistem-manajemen-anti-penyuapan
Perumda Pembangunan Sarana Jaya menerima sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) SNI ISO 3700 I:20 16. (Sumber: Dok. Sarana Jaya)
Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV — Menyambut HUT ke-40 yang jatuh pada tanggal 20 Maret 2022, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pembangunan Sarana Jaya menerima sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) SNI ISO 3700 I:20 16.

Dalam pelaksanaannya, SMAP dilakukan untuk memperkuat penerapan Good Corporate Governance, di mana implementasi SMAP mutlak untuk dilakukan oleh seluruh Insan Sarana Jaya dalam mencegah praktik penyuapan gratifikasi, ataupun korupsi dalam menjalankan bisnisnya.

Dalam SMAP dikenal empat prinsip yang menjadi pedoman dalam penerapannya, Pertama adalah “No Bribery” yang berarti menghindari atau menolak segala bentuk suap menyuap dan pemerasan.

Kedua, “No Kickback” yang berarti menghindari atau menolak meminta komisi dan tanda terima kasih, baik dalam bentuk uang atau dalam bentuk lainnya.

Ketiga, “No Gift” yang berarti menghindari atau menolak penerimaan, pemberian hadiah, serta gratifikasi yang bertentangan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku).

Keempat, “No Luxurious Hosfiiitality” yang berarti menghindari atau menolak penyambutan dan jamuan yang berlebihan.

Baca Juga: Situasi Pandemi, Sarana Jaya Konsisten Mencapai Target Pembangunan di 2021

Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Agus Himawan mengatakan, dalam usia perusahaan yang telah menginjak 40 tahun, Sarana Jaya terus konsisten dalam melakukan yang terbaik untuk perusahaan agar visi dan misi dapat terealisasikan dengan baik.

“Menginjak tahun ke-40 ini, Sarana Jaya konsisten untuk terus berbenah diri untuk menjadi perusahaan yang lebih matang dalam penerapan Good Corporate Governance. Tentu itu dilakukan untuk membuktikan komitmen seluruh insan Sarana Jaya dalam penerapan ini," ungkap Agus, Jumat, (18/3/2022).

Kemudian, SMAP di Sarana Jaya juga turut didukung dengan Whistle-Blowing System (WBS) yang telah di-launching pada tanggal 9 Desember 202I, bertepatan dengan Hari Anti Korupsi Sedunia.

Dalam penerapan SMAP secara efektif dan efisien di Sarana Jaya, juga telah dibentuk Tim Fungsi Kepatuhan Anti Penyuapan (Tim FKAP) yang diketuai oleh Direktur Administrasi dan Keuangan Sarana Jaya.

Terakhir, Agus berharap dengan upaya penerapan SMAP yang dilakukan di lingkungan Sarana Jaya agar perusahaan terus melakukan perubahan yang lebih baik.

“Apa yang sudah diupayakan semoga dapat berjalan dengan baik dan lancar, ini dilakukan agar perusahaan terus melakukan perubahan-perubahan yang lebih baik," tutup Agus.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x