Kompas TV internasional kompas dunia

WHO: Kasus dan Kematian Covid-19 Terus Menurun Secara Global

Jumat, 8 April 2022 | 07:07 WIB
who-kasus-dan-kematian-covid-19-terus-menurun-secara-global
WHO menyatakan bahwa jumlah kasus dan kematian akibat COVID-19 terus menurun, namun ini mungkin disebabkan karena menurunnya jumlah tes. (Sumber: Associated Press)

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Gading Persada

JENEWA, KOMPAS.TV — Jumlah kasus virus Corona yang dilaporkan secara global, turun selama dua minggu berturut-turut.

Selain itu menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kematian akibat Covid-19 yang dikonfirmasi juga turun pekan lalu. 

Dalam laporan pandemi terbaru, WHO mengatakan terdapat 9 juta kasus yang dilaporkan. Penurunan mingguan terjadi sebanyak 16%, dengan lebih dari 26.000 kematian baru akibat Covid-19.

Badan Kesehatan Dunia itu juga mengatakan infeksi virus Corona yang dikonfirmasi turun di semua wilayah di dunia.

Baca Juga: WHO Dirikan Lembaga yang akan Bantu Integrasi Pengobatan Tradisional ke Sistem Kesehatan Dunia

Namun, ia memperingatkan bahwa jumlah yang dilaporkan membawa ketidakpastian yang cukup besar, karena banyak negara telah menghentikan pengujian luas untuk virus Corona. Hal ini berarti kemungkinan banyak kasus yang tidak terdeteksi.

WHO mengatakan pihaknya juga melacak varian Omicron yang merupakan rekombinasi dari dua versi: BA.1 dan BA.2, yang pertama kali terdeteksi di Inggris pada Januari lalu.

WHO mengatakan perkiraan awal menunjukkan Omicron rekombinasi bisa menjadi sekitar 10% lebih menular daripada mutasi sebelumnya, tetapi bukti lebih lanjut masih diperlukan.

Seperti dikutip dari The Associated Press, WHO terus memperingatkan negara-negara untuk terus melakukan protokol kesehatan.

Mereka memperkirakan, varian di masa depan dapat menyebar dengan mudah jika sistem pengawasan dan pengujian ditangguhkan.


Sumber : Associated Press

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x