Kompas TV cerita ramadan cerita

Samson Ternyata Nabi Bernama Syam un, Kisahnya Lekat dengan Lailatul Qadar

Kompas.tv - 29 April 2022, 21:27 WIB
samson-ternyata-nabi-bernama-syam-un-kisahnya-lekat-dengan-lailatul-qadar
Ilustrasi Samson atau Syam'un Al-Ghazi seorang Nabi yang lekat dengan lailatul qadar. (Sumber: BBC)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Tahukah Anda kisah Samson yang kita kenal sebenarnya diambil dari hikayat Nabi bernama Syam’un Al-Ghazi, salah seorang Nabi dalam Islam yang pernah dikisahkan oleh Nabi Muhammad dan lekat dengan muasal lailatul qadar.

Dalam Islam sendiri, ada ribuan Nabi dan Rasul, namun yang wajib diketahui dan dikisahkan hanya 25 Nabi seperti yang kita kenal sekarang. Samson atau Syam’ul Al-Ghazi adalah salah satunya Nabi yang diutus untuk Bani Israil.

Kisah Nabi Samson atau Syam’un Al-Ghazi sendiri merupakan kisah-kisah Israiliyat, sudah diceritakan secara turun temurun dalam masyarakat Arab.

Dinukil dari buku Syam’un: Asal Muasal Lailatul Qadar (2016, Republika) dikisahkan Nabi Samson atau Syam’un Al-Ghazi ini hidup di tengah-tengah masyarakat Israel yang saat itu enggan menerima kebenaran, bahkan penguasanya kerap berbuat semena-semena kepada para warga.

Kedua orang tua Samson pun berdoa kepada Allah agar kelak diberi seorang anak yang kelak akan berguna dan menolong Israel dari kezaliman dan kesombongan para raja atau penguasa.

Apalagi, waktu itu Raja Israel memproklamirkan dirinya sebagai raja yang harus disembah warganya. Sedangkan kedua orangtuanya enggan melakukannya. Mereka cuma menyambah Allah. Dan, Allah pun mengabulkan permohonan mereka, lahirnya bayi yang dinamakan Syam'un. 

Baca Juga: Doa Sapu Jagat, Sering Dipanjatkan Nabi di Malam Lailatul Qadar

Kisah Hidup Nabi Samson

Samson pun lahir dan tumbuh menjadi sosok cerdas dan kuat. Bahkan dikisahkan ia punya kekuatan yang melebihi anak seumurannya. Ketika tumbuh dewasa ia pun memiliki banyak pengikut dan disegani.

Ia pun menjadi hakim, tapi kerap enggan menyetujui kezaliman yang dibikin para pembesar maupun penguasa Israel. Bahkan kerap menghukum orang-orang yang berlaku tidak adil ataupun menuhankan sang Raja. Ia pun dimusuhi.

Berkali-kali pula Samson ini hendak dibunuh, tapi gagal karena para serdadu yang dikirim tidak mampu menandingi kepiawaian dan keahlian Samson dalam bertarung. Ia diberkahi tubuh sekuat baja dan gerakan selincah angin hingga sulit dirobohkan.

Hingga suatu ketika, para pembesar Israel membujuk istrinya untuk mencari tahu apa sumber titik lemah Samson. Akhirnya, ia pun ditangkap setelah ia diperdaya istrinya sendiri.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x