Kompas TV internasional kompas dunia

Meski Tertatih, Imelda Marcos Muncul Berikan Hak Suara untuk Kemenangan Sang Anak

Kompas.tv - 11 Mei 2022, 08:56 WIB
meski-tertatih-imelda-marcos-muncul-berikan-hak-suara-untuk-kemenangan-sang-anak
Istri mendiang diktator Ferdinand Marcos, Imelda Marcos menggunakan haknya dalam pemilihan presiden Filipina 2022. (Sumber: Inquirer)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

LAOAG CITY, KOMPAS.TV - Istri mendiang diktator Filipina Ferdinand Marcos, Imelda Marcos, tampak hadir memberikan hak suaranya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) Filipina 2022, Senin (9/5/2022) kemarin.

Dia datang dengan tertatih dan dituntun oleh anak-anaknya. 

Kemunculan Imelda di Batac City, Ilocos Norte disebut tak biasa dalam gelaran Pilpres Filipina 2022 ini, terutama untuk kampanye sang anak, Ferdinand “Bongbong” Marcos Jr.

Marcos Jr. dan saudarinya Irene bertemu ibu mereka di Gereja Paroki Tak Bernoda dan menemaninya menggunakan haknya di SD Memorial Mariano Marcos.

Baca Juga: Anak Diktator Marcos Menang di Pilpres Filipina, Amnesty Khawatirkan Kondisi HAM

Sebelumnya Senator Imee Marcos yang juga putrinya mengatakan keluarga membatasi pergerakan ibunya karena memiliki komorbid.

Imelda yang berusia 92 tahun itu memiliki penyakit bawaan yang membuatnya harus berhati-hati dalam masa pandemi Covid-19 ini.

"Dia sangat gelisah, ingin mengikuti semua kampanye," tutur Imee pada 24 Maret 2022 silam dikutip dari Inquirer.

Baca Juga: Anak Mantan Diktator Ferdinand Marcos Jr. Unggul dalam Pilpres Filipina! Sejumlah Warga Khawatir

Diberitakan sebelumnya menilik data dari Comelec (KPU-nya Filipina) pada Selasa (10/5)  waktu Manila atau 21.09 WIB, Bongbong Marcos unggul dengan perolehan 58,74 persen suara. Saat itu suara yang masuk telah mencapai 98,17 persen.

Perolehan suara Marcos unggul jauh dari para pesaingnya. Pesaing terdekat, Wakil Presiden Leni Robredo hanya mengantongi 28 persen suara.

Sementara itu, mantan petinju Manny Pacquiao yang meraup perolehan suara terbanyak ketiga hanya beroleh 6,86 persen suara.



Sumber : Inquirer


BERITA LAINNYA



Close Ads x