Kompas TV regional kriminal

Mendebarkan, Proses Evakuasi Jenazah Korban KKB Diwarnai Aksi Penembakan di Bandara Aminggaru

Kompas.tv - 13 Mei 2022, 16:40 WIB
mendebarkan-proses-evakuasi-jenazah-korban-kkb-diwarnai-aksi-penembakan-di-bandara-aminggaru
Jenazah Nober Palintin saat berada di cargo Bandara Mozes Kilangin Timika, Jumat (13/5/2022). (Sumber: Kompas.com/IRSUL PANCA ADITRA)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Proses evakuasi jenazah yang diduga menjadi korban tembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua berlangsung dramatis dan mendebarkan.

Hal ini tampak dari penembakan yang terjadi ketika evakuasi jenazah seorang supir truk bernama Nober Palintin yang diduga tewas ditembak KKB tengah dilakukan, Jumat (13/5/2022).

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal mengatakan, peristiwa penembakan tersebut terjadi di Bandara Aminggaru, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

"Tadi padi ada suara tembakan terdengar di sekitar Bandara Ilaga, saat proses pengamanan evakuasi korban penembakan KKB akan diterbangkan menuju Kabupaten Mimika," jelasnya dalam keterangan tertulis dikutip dari Kompas.com.

Kamal melanjutkan saat pesawat yang membawa jenazah Nober Palintin baru saja lepas landas, terdengar suara tembakan. Saat itu diketahui terdapat dua pesawat lain di Bandara Aminggaru yang bersiap lepas landas.

Kedua pesawat untungnya berhasil melakukan lepas landas dengan aman. Meski demikian, peristiwa penembakan tersebut menyebabkan satu pesawat kargo tak bisa mendarat.

Baca Juga: KSAD Jenderal Dudung Buktikan Janjinya Temukan Anggota KKB Pembunuh Babinsa dan Istrinya di Papua

“Saat kejadian, personel yang masih berada di bandara langsung mencari sumber tembakan tersebut dan untuk pesawat kargo batal mendarat,” kata Kamal.

Dalam kejadian tersebut, kontak senjata tak sempat terjadi dan situasi di Distrik Ilaga sudah kondusif.

Sebelumnya diberitakan KOMPAS.TV, Nober Palintin diduga menjadi korban penembakan KKB di Kali Ilame, Wako, Gome, Puncak, Papua, Rabu (11/5) siang kemarin.

Nober yang berprofesi sebagai sopir truk saat itu tengah mengambil material pasir di Kali Ilame.

Aksi penembakan diketahui usai aparat keamanan mendengar suara tembakan berulang kali.

Jasad Nober Palintin sempat hilang usai kejadian. Jenazah Nober akhirnya ditemukan oleh masyarakat di pinggiran Kali Wilipur, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, pada Kamis (12/5).



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x