Kompas TV nasional peristiwa

Siap-siap, Mulai Besok hingga 16 Mei 2022, Gerhana Bulan Total Bisa Dilihat di Beberapa Wilayah

Kompas.tv - 14 Mei 2022, 22:35 WIB
siap-siap-mulai-besok-hingga-16-mei-2022-gerhana-bulan-total-bisa-dilihat-di-beberapa-wilayah
Penggambaran gerhana bulan total atau Super Blood Moon dalam tujuh fase pada 26 Mei 2021. (Sumber: NASA via Space.com)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Besok akan ada fenomana Gerhana Bulan Total (GBT) dan diprediksi akan terjadi pada hari Minggu (15/5/2022) hingga Senin (16/5).

Lantas, wilayah mana saja bisa dilihat, apakah Indonesia juga termasuk?

Gerhana Bulan Total adalah sebuah fenomena astronomi yang terjadi ketika Bulan, Bumi, dan Matahari berada pada satu garis lurus, dan Bulan masuk seluruhnya ke dalam bayangan inti atau umbra Bumi.

Akibat dari fenomena GBT adalah sinar Matahari tidak dapat dipantulkan ke permukaan Bulan.

Dilansir dari Kompas.com Gerhana Bulan Total 15 Mei 2022 akan dimulai sekitar pukul 22:28 EDT (Eastern Daylight Time) atau 09.00 WIB.

Kemudian, puncak dari Gerhana Bulan Total akan terjadi pada 16 Mei 2022, pukul 04.11 UT (Universal Time) atau 11.11 WIB.

Gerhana Bulan total ini diperkirakan membutuhkan waktu 3 jam, 27 menit dan 58 detik untuk melewati umbra sepenuhnya.

Fase total dari gerhana Bulan yang akan berlangsung mulai besok ini sebagian besar dapat diamati di wilayah Amerika Utara, seluruh Amerika Selatan, Eropa Tengah dan Barat, serta sebagian besar Afrika kecuali bagian paling timur.

Gerhana Bulan Total 15 Mei 2022, cenderung berwarna kemerahan disebabkan oleh pembiasan Rayleigh, yaitu pembiasan sinar Matahari secara selektif oleh atmosfer Bumi.

Berbeda saat mengamati Gerhana Matahari, untuk mengamati Gerhana Bulan tidak diperlukan pengamanan khusus seperti kacamata.

Lewat mata telanjang pada dasarnya bisa dilihat, namun tetap butuh teropong atau teleskop agar bisa mengamati lebih jauh dan detil.



Sumber : Kompas TV/kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x