Kompas TV religi beranda islami

Ini Khasiat Madu secara Sains, Tertulis dalam Al-Qur'an sebagai Obat Mujarab

Kompas.tv - 15 Mei 2022, 06:45 WIB
ini-khasiat-madu-secara-sains-tertulis-dalam-al-qur-an-sebagai-obat-mujarab
Ilustrasi madu yang tertulis dalam Al-Qur'an sebagai obat. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut ini merupakan manfaat dan khasiat dari madu. Dalam Al-Qur'an, madu tercatat sebagai salah satu obat mujarab yang mampu menyembuhkan. 

Begitu istimewanya madu ini, bahkan dalam Al-Qur'an terdapat surat khusus untuk membicarakan tentang lebah, binatang yang menghasilkan madu. Nama surat itu An-Nahl, yang dalam bahasa Arab berarti lebah. 

Surat An-Nahl adalah surat ke-16 dalam Al-Qur'an, terdiri dari 128 ayat dan disebut juga dengan nama an-niam, artinya nikmat.  Disebut begitu karena di dalam surat ini, Allah mengisahkan tentang pelbagai nikmat untuk manusia.

Salah satu yang dikisahkan adalah lebah dan madu yang berkhasiat itu bagi manusia.

Berikut surat An-Nahl ayat 68 dan 69 yang mengisahkan madu itu.

"Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: "Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat manusia." (QS. 16:68)

"Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan." (QS. 16:69).

Baca Juga: Mengenal Asyifa dan Cara Mengamalkannya, Ayat dan Surah Alquran sebagai Ikhtiar Mengobati Penyakit

Khasiat Madu sebagai Obat secara Sains

Secara sains, seperti halnya tertulis dalam Al-Qur'an sebagai obat mujarab, khasiat madu bagi tubuh juga begitu banyak. 

Dikutip dari Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, paling tidak ada 6 khasiat madu yang jika dikonsumsi bagi tubuh akan sangat bagus.  

Pertama, menangkal radikal bebas

Ternyata, dalam madu terdapat senyawa fitonutrien. Ini merupakan antioksidan alami yang mampu menangkal radikal bebas berlebih dalam tubuh.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x