Kompas TV nasional politik

PKS NIlai Koalisi Indonesia Bersatu Bagus untuk Demokrasi di Indonesia

Rabu, 18 Mei 2022 | 23:36 WIB
pks-nilai-koalisi-indonesia-bersatu-bagus-untuk-demokrasi-di-indonesia
Satu Meja The Forum. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menilai terbentuknya koalisi Indonesia Bersatu merupakan hal yang bagus untuk demokrasi di Indonesia. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menilai terbentuknya koalisi Indonesia Bersatu merupakan hal yang bagus untuk demokrasi di Indonesia.

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera mengatakan, pihaknya membaca bergabungnya tiga partai politik dalam koalisi Indonesia Bersatu, yakni PPP, PAN, dan Partai Golkar dapat membawa keluar dari jebakan figur pada pemilu 2024.

“Sebetulnya bagus buat demokrasi, koalisi dini, karena kita nanti keluar dari jebakan figur,” jelasnya saat menjadi narasumber di Satu Meja The Forum, Kompas TV, Rabu (18/5/2022).

“Catatan saya, saya nggak langsung ngumumin capres cawapresnya. Itu jauh lebih sehat,” katanya.

Dengan adanya koalisi dini tersebut, lanjut Mardani, nantinya orang akan melihat pada program, isi, dan track record.

Baca Juga: Soal Koalisi Indonesia Bersatu, Wasekjen Nasdem: Bagian dari Dinamika Politik yang Belum Final

“Kontestasi karya dan gagasan,” lanjutnya.

Saat ditanya, apakah koalisi itu bukan merupakan koalisi dalam koalisi, ia mengatakan, para petinggi partai yang bergabung dan menjabat sebagai menteri harus mengikuti arahan presiden.

“Itu yang jadi catatan, apalagi ketika Pak Jokowi bilang jangan pikirin lain-lain dulu, para menteri khususnya,” katanya.

“Sebetulnya monggo saja, Golkar, teman-teman, bagus. Hanya memang, para menterinya harus  ikut pada arahan Presiden sebagai yang mengangkat menteri,” tutur dia.

Mardani menambahkan, jangan sampai koalisi itu mengganggu progam lima tahun Presiden yang memang saat ini agak berat karena pandemi.

Mengenai arah PKS menjelang Pemilu 2024, Mardani mengatakan, ide koalisi dini merupakan sesuatu yang bagus karena PKS ingin naik kelas.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Penyebar Video Mesum Mengaku Iseng

Selasa, 16 Agustus 2022 | 01:17 WIB
Close Ads x