Kompas TV feature news or hoax

MLFF Sistem Pembayaran Baru Jalan Tol | News Or Hoax

Kompas.tv - 30 Mei 2022, 08:30 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Sebentar lagi, bayar tol tak lagi gunakan kartu. Pengguna tol bisa melewati gate tol tanpa perlu mengantre tapping kartu uang elektronik saat melakukan pembayaran, dengan sistem Multi Lane Free Flow (MLFF). Mlff, merupakan sistem yang menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS), dan melakukan transaksi melalui aplikasi khusus jalan tol di smartphone.

Cara kerja MLFF ini berbeda dengan sistem pembayaran tol konvensional sebelumnya, yang berlaku saat ini.

Pada saat melakukan transaksi pembayaran di gerbang tol, tentunya pengemudi membutuhkan waktu untuk berhenti dan membuka kaca kendaraan lalu melakukan tapping kartu elektronik.

Namun, dengan teknologi transaksi nirsentuh atau MLFF di Indonesia, pengguna tol tidak perlu lagi berhenti di gerbang tol, apalagi mengantre saat melakukan pembayaran.

Danang parikesit juga menjelaskan cara kerja teknologi MLFF ini. Ia mengatakan GPS akan menentukan lokasi dan lama kendaraan berada di jalan tol. Bahkan, sistem ini pun dapat mengenali jenis kendaraan pengguna. Ia juga mengatakan bahwa sistem ini akan membawa banyak manfaat untuk masyarakat pengguna jalan tol, seperti efisiensi waktu karena tidak adanya antrean pada gerbang tol.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x