Kompas TV TALKSHOW rosi

Kejutan Timnas Indonesia di Piala Asia U-23, Selangkah Menuju Olimpiade Paris 2024! | ROSI

Kompas.tv - 27 April 2024, 11:55 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia lolos ke babak semifinal atau empat besar Piala Asia U-23 2024. Indonesia menang atas Korea Selatan 11-10 pada babak adu penalti.

Kemenangan ini sekaligus membawa Indonesia selangkah menuju Olimpiade Paris 2024. 

Prestasi ini menjadi sejarah bagi sepak bola Indonesia. Mantan pemain Timnas Indonesia Cristian Gonzales mengapresiasi penampilan Garuda Muda yang terus meningkat dalam setiap pertandingan. 

Pengamat sepak bola Ronny Pangemanan juga mengapresiasi penampilan Indonesia di ajang ini, sebab awalnya dipandang sebagai tim ‘underdog’. Namun kemudian Garuda muda berhasil mematahkan pandangan tersebut ketika mengalahkan Australia, Qatar, dan Yordania. 

Mantan pemain Timnas Indonesia/top skor Liga Indonesia 1994-1995 Peri Sandria tidak menduga bahwa Indonesia bisa masuk ke 8 besar. Menurutnya, Timnas Indonesia layak mendapat pujian secukupnya, karena pujian yang berlebihan bisa membuat lupa diri. 

Pengamat sepak bola Tommy Welly atau biasa disapa Towel berpendapat penampilan Timnas U-23 sampai sejauh ini layak dapat pujian secukupnya. Sebab, kemenangan yang diraih ini bukan hanya soal pelatih Shin Tae-yong (STY) saja, melainkan ada sejarah dan pekerjaan lain di baliknya. 

Towel menambahkan atmosfer sepak bola Indonesia terbelah sejak pelatih Shin tae-yong melatih skuad Garuda Muda. Ada yang pro dengan STY, ada pula yang mengklaim “local pride”.

Towel mengungkapkan, STY pernah mengatakan kepada media Korea bahwa kelemahan pemain lokal adalah takut kalah sebelum bertanding. Hal ini kemudian ditutupi dengan naturalisasi pemain. 

Berbeda dengan Towel,  jurnalis olah raga Kompas.com Firzie A. Idris melihat pelatih STY memberikan kepercayaan diri kepada anak asuhnya untuk bermain lebih lepas dari biasanya. Contohnya, ketika Rizky Ridho berkontribusi dalam gol yang diciptakan Witan Sulaeman saat melawan Yordania. 

Saksikan dalam ROSI eps. Tebak Skor Timnas U-23 VS Timnas Korea Selatan di kanal youtube KompasTV. 

Link: https://www.youtube.com/watch?v=lZt8Zy0Oe64&list=PLdfKHnRgwwWFmvsA79GQ4IR_LleuuFJRQ&index=2 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x