Kompas TV TALKSHOW ayo sehat

Telinga Sehat, Pendengaran Kuat - AYO SEHAT

Kompas.tv - 6 Juni 2022, 15:36 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPAS TV - Telinga merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki peran sangat penting untuk kehidupan manusia, tanpa adanya telinga maka seseorang tidak dapat menjalankan fungsi pendengaran hingga dapat menyebabkan kondisi seseorang menjadi bisu karena tidak adanya suaa yang ditangkap ataupun didengar.

Untuk itu, merawat telinga sangatlah penting untuk dilakukan. Membersihkan telinga adalah tahapan pertama sebagai bagian dari cara merawat telinga. Tindakan-tindakan yang bersifat khusus perlu dilakukan seseorang untuk mencegah terjadinya penyakit atau infeksi di dalam telinga.

Selain dengan membersihkan telinga, menghindari suara-suara yang tidak perlu seperti suara yang sangat keras dan bising, juga menjadi salah satu cara merawat telinga, agar tidak kehilangan fungsinya untuk mendengar.

Namun tahukah anda, bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan perawatan telinga, diantaranya seperti;

Jangan mengorek kotoran telingga menggunakan cotton bud

Kunyah makanan dengan baik, gerakan mulut ketika mengunyah makanan dapat membantu proses pengeluaran kotoran dari dalam telinga.

Jangan gunakan headphone atau earphone dengan volume yang terlalu keras

Jaga kondisi telinga untuk tetap kering untuk menghindari infeksi

Jika merasa memiliki gangguan pendengaran akibat beberapa faktor, segeralah periksakan telinga ke dokter. Jika diperlukan, pertimbangkan pula untuk melakukan pemeriksaan telinga secara teratur, misalnya satu tahun sekali.

Follow us on Instagram: @ayosehat_kompastv

Temukan informasi Kesehatan menarik lainnya hanya di Ayo Sehat, setiap Jumat pukul 10.30 WIB hanya di Kompas TV



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x