Kompas TV feature cerita militer

Kisah Lulusan Terbaik TNI AL, Pesan Sang Ayah: Jaga Terus Amanah, Salat dan Laksanakan Sapta Marga

Kompas.tv - 22 Juli 2022, 07:12 WIB
kisah-lulusan-terbaik-tni-al-pesan-sang-ayah-jaga-terus-amanah-salat-dan-laksanakan-sapta-marga
Letda Laut (KH) Mokhamad Alrizaldo Rajabiantoro, yang terpilih menjadi lulusan terbaik pada Pra Setya Perwira (Praspa) Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dikmapa Pk) TNI Reguler Angkatan 29, Kamis (21/7/2022). (Sumber: Kompas TV/TNI AL)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Sersan Dua (Serda) EKL M. Zainul terharu dan bangga menyaksikan pelantikan putranya, Letda Laut (KH) Mokhamad Alrizaldo Rajabiantoro, S.Kom, yang terpilih menjadi lulusan terbaik pada Pra Setya Perwira (Praspa) Pendidikan Pertama Perwira Prajurit Karier (Dikmapa Pk) TNI Reguler Angkatan 29.

"Dia tadi malam telepon dan menangis terharu, Alrizaldo mengucapkan terima kasih banyak atas bimbingan serta doa kedua orang tua yang selalu menyertai," kenang Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Moro, Lanal Tanjung Balai Karimun jajaran Lantamal IV itu, Kamis (21/7/2022) dilansir dari laman resmi TNI AL.

Dari 267 perwira yang dilantik langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa di GOR A. Yani Mabes TNI, Cilangkap Jakarta Timur kemarin, Alrizaldo menjadi salah satu perwira yang berhak memperoleh penghargaan Trisura Jalu Wiratama.

Baca Juga: Misi Pelayaran Diplomatis, KRI Bima Suci Kebanggaan TNI AL Kelilingi Dua Benua

Zainul menceritakan bahwa anaknya merupakan pribadi yang taat beribadah dan taat kepada orang tua.

"Dia bilang akan selalu mengikuti arahan dan pesan orang tua untuk selalu menjaga sholat lima waktu, selalu berpikir, bertutur kata, berperilaku yang baik, menghormati orang lain, dan selalu berbuat ikhlas, serta baik kepada orang lain," kata Zainul pernuh haru.

Alrizaldo berhasil menyelesaikan kuliahnya sebagai sarjana komputer (S. Kom) dari jurusan Teknik Informatika di Universitas Islam Negeri (UIN) Malang dengan IPK Cumlaude.

Zainul mengatakan, putra pertamanya itu sejak kecil bercita-cita ingin menjadi seperti ayahnya, sehingga setelah lulus kuliah Alrizaldo langsung mendaftar Pa Pk TNI 2022 dari Panda Lantamal IV Tanjung Pinang.

Dengan kegigihannya, anak laki-laki pertama dari empat bersaudara itu dapat melanjutkan pendidikan di Magelang hingga akhirnya menjadi Perwira TNI AL.

Zainul berpesan agar anak sulungnya itu selalu melakukan usaha terbaik dalam segala hal.

"Dan harapan buat anak saya yang menjadi perwira, jaga terus amanah, terus lanjutkan berprestasi dalam kariernya. Jadilah perwira yang disiplin dengan melaksanakan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI, sehingga berguna bagi TNI AL, TNI, bangsa dan negara serta agama," pungkas Zainul.

Baca Juga: TNI AL Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana, Ajak Masyarakat Pesisir Pahami Ancaman Bencana Alam

Pada upacara Prasetia Perwira tahun 2022 itu, lulusan terbaik pria yang memperoleh Trisura Jalu Wiratama lainnya yakni Letda CKM dr. Hafish Ridwan Maulana dari Matra TNI AD dan Letda Sus Adam Dwi Ralianto, S. Tr. Kom dari Matra TNI AU.

Sedangkan untuk penghargaan Terbaik Wanita diraih oleh Letda Sus A. Saskia Khaerunisa, S.H.  

Dalam kesempatan tersebut, Kasal Laksamana Yudo Margono berpesan kepada 45 perwira PK Angkatan Laut agar selalu mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam upaya Pemulihan Ekonomi Nasional dan Reformasi Struktural dengan penuh loyalitas tegak lurus. 



Sumber : Kompas TV, TNI AL


BERITA LAINNYA



Close Ads x