Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

AS Kembali akan Kirimkan Bantuan Militer ke Ukraina, Kali Ini USD800 Juta Termasuk Drone Intai

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 05:45 WIB
as-kembali-akan-kirimkan-bantuan-militer-ke-ukraina-kali-ini-usd800-juta-termasuk-drone-intai
AS kembali menyatakan akan memberi Ukraina hampir USD800 juta bantuan militer baru, termasuk selusin drone pengintai Scan Eagle. (Sumber: Janes Defence)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Amerika Serikat kembali menyatakan akan memberi Ukraina hampir USD800 juta dalam bantuan militer baru, termasuk setidaknya selusin drone pengintai Scan Eagle.

Laporan Associated Press, Jumat (19/8/2022), para pejabat AS mengatakan sebagian besar paket bantuan akan berupa Howitzer dan amunisi tambahan, termasuk rudal Javelin.

Rudal tersebut telah digunakan militer Ukraina secara efektif untuk mencoba dan menahan pasukan Rusia dan merebut kembali wilayah yang telah diperoleh Moskow.

Dua pejabat AS mengonfirmasi masuknya drone portabel baru yang tahan terbang lama, diluncurkan oleh ketapel dan dapat diambil kembali.

Para pejabat AS berbicara dengan syarat anonim untuk membahas bantuan sebelum rilis publik.

Baca Juga: Drone Buatan Taiwan Digunakan Pasukan Ukraina Lawan Rusia, Dukungan Taipei ke Kiev?

Tentara Ukraina menggunakan howitzer kaliber besar AS, M-777. AS kembali menyatakan akan memberi Ukraina hampir USD800 juta bantuan militer baru, termasuk selusin drone pengintai Scan Eagle. (Sumber: AP Photo)

Selama empat bulan terakhir perang, Rusia berkonsentrasi merebut wilayah Donbas di Ukraina timur, di mana separatis pro-Moskow menguasai beberapa wilayah sebagai republik yang memproklamirkan diri merdeka lepas dari Ukraina.

Pasukan Rusia membuat beberapa keuntungan tambahan di timur, tetapi mereka juga ditempatkan pada posisi bertahan di wilayah lain, saat Ukraina meningkatkan serangan balasan di semenanjung Laut Hitam Ukraina di Krimea, yang diduduki Moskow sejak tahun 2014.

Sembilan pesawat tempur Rusia dilaporkan hancur pekan lalu di sebuah pangkalan udara di Krimea dalam serangan yang menyoroti kemampuan Ukraina untuk menyerang jauh di belakang garis Rusia.


Sumber : Associated Press

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x