Kompas TV nasional update

Tanggapan Puan Terkait Kabar Kenaikan Harga BBM: yang Memutuskan Eksekutif, Bukan Legislatif

Kompas.tv - 21 Agustus 2022, 18:45 WIB
tanggapan-puan-terkait-kabar-kenaikan-harga-bbm-yang-memutuskan-eksekutif-bukan-legislatif
Ketua DPR RI Puan Maharani berbicara kepada wartawan di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (21/8/2022). (Sumber: Tangkapan layar video KOMPAS TV)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan belum ada usulan dari pemerintah terkait kenaikan harga BBM.

“Belum ada usulan dari pemerintah untuk menaikkan BBM di DPR," kata Puan saat ditanya soal kabar pengumuman kenaikan harga BBM oleh Presiden pada pekan depan, Minggu (21/8/2022).

"Kenaikan BBM itu yang memutuskan pemerintah. Eksekutif, bukannya legislatif. Kita tunggu saja, apakah kemudian nantinya pemerintah menyikapinya seperti apa," katanya kepada wartawan di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta.

"Yang pasti kan, pada pidato tanggal 16 (Agustus 2022) yang lalu, kami DPR sudah menyampaikan bahwa agar pemerintah siap menggunakan APBN secara efektif, efisien dan memprioritaskan kepentingan masyarakat."


Baca Juga: Soal Harga BBM Akan Naik, Wapres: Harga BBM Masih Dibahas

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberi sinyal kemungkinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan kenaikan harga BBM pada minggu depan.

"Itu modelling ekonominya saya kira sudah dibuat, nanti mungkin minggu depan Presiden akan mengumumkan mengenai apa, bagaimana, mengenai kenaikan harga ini," kata Luhut dalam kuliah umum di Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, yang disiarkan secara daring, Jumat (19/8/2022).

Subsidi energi yang mencapai Rp502 triliun, kata Luhut, sudah membebani APBN.

"Jadi Presiden sudah mengindikasikan tidak mungkin kita pertahankan terus demikian, karena kita harga BBM termurah se-kawasan ini. Kita jauh lebih murah dari yang lain dan itu beban terlalu besar kepada APBN kita."

Baca Juga: Tanggapan Puan Maharani Soal Rencana Pemerintah Naikkan Harga BBM Bersubsidi Pertalite dan Solar



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x