Kompas TV tekno aplikasi

Flightradar24: Alat Gratis Lacak Penerbangan Seluruh Dunia, Ini Cara Pakai di HP

Kompas.tv - 30 Agustus 2022, 11:51 WIB
flightradar24-alat-gratis-lacak-penerbangan-seluruh-dunia-ini-cara-pakai-di-hp
Ilustrasi pesawat Ethiopian Airlines. Data penerbangan dapat dilacak menggunakan Flightradar24. (Sumber: Md Shaifuzzaman via WIkimedia)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Setiap hari, jalur udara di dunia begitu sibuk dengan berbagai penerbangan. Semuanya dapat Anda lacak menggunakan satu platform open source bernama Flightradar24.

Platfor ini dapat diakses secara gratis melalui situs web di mesin peramban. Selain itu, Anda juga bisa mengunduhnya dalam bentuk aplikasi yang tersedia di Playstore maupun IOS.

Flightradar24 menyediakan data penerbangan secara real time, memanfaatkan transponder atau perangkat yang mendeteksi posisi pesawat dan data penerbangan lainnya untuk kontrol lalu lintas udara.

Sinyal dari transponder bisa ditangkap dengan teknologi ADS-B atau Automatic Dependent Surveillance-Broadcast. Inilah yang dilakukan oleh Flightradar24, membagikan proyeksi data itu ke ponsel, sehingga Anda dapat mengakses data penerbangan secara live.

Baca Juga: Waspada, Ini 35 Aplikasi yang Bisa Sisipkan Malware Berbahaya di Android

Menyitat keterangan di laman resmi Flightradar24, disebutkan bahwa mereka "melacak lebih dari 180.000 penerbangan, dari 1.200 lebih maskapai penerbangan, yang terbang ke atau dari 4.000 lebih bandara di seluruh dunia, secara real time."

Hal ini sangat bermanfaat bagi orang-orang tertarik atau membutuhkan informasi penerbangan. Lantas, bagaimana cara menggunakan Flightradar24?

Berikut urutannya:

  • Buka aplikasi atau situs web Flightradar24.
  • Anda akan dibawa ke laman beranda, berupa peta dunia yang dilengkapi kondisi lalu lintas udara secara live.
  • Untuk mulai melacak penerbangan pesawat, klik kolom pencarian.
  • Pesawat yang ingin dipantau dapat dicari menggunakan beberapa variabel, meliputi nomor penerbangan, nama pesawat, nama bandara, dan lokasi pesawat terdekat.
  • Setelah ditemukan, rute penerbangan pesawat yang dilacak akan muncul di peta.
  • Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, silakan klik opsi “more info” yang terletak pada bagian bawah layar aplikasi.
  • Di situ tertera informasi terkait ketinggian pesawat, kecepatan, serta lokasinya berdasarkan garis bujur dan garis lintang secara real time.

Untuk mengakses fitur yang lebih lengkap, Anda mesti berlangganan terlebih dahulu dengan bandrol  Rp 469.000 per tahun.

Namun, versi gratis saja sudah cukup jika hanya ingin memantau penerbangan secara langsung. Selamat mencoba!

Baca Juga: Penting! Badan Keamanan Siber Singapura Sarankan Segera Update Browser Chrome, Mengapa?

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x