Kompas TV regional berita daerah

Pasta gigi dari daun eceng gondok

Kompas.tv - 22 September 2022, 16:17 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

GORONTALO, KOMPAS.TV - Eceng gondong yang melimpah di danau limboto kabupaten gorontalo tak hanya di manfaatkan untuk bahan kerajinan. Oleh mahasiswa universitas negeri gorontalo eceng gondok di sulap menjadi pasta gigi.

Eceng gondok kerap menjadi masalah karena dianggap mengotori sungai dan mengganggu saat menangkap ikan. Namun berbeda bagi sejumlah mahasiswa universitas negeri gorontalo. Eceng gondok yang dianggap mengganggu di sulap menjadi pasta gigi bernilai ekonomis.

Pasta gigi dari daun eceng gondok bermula dari keprihatinan sejumlah mahasiswa negeri gorontalo yang melihat eceng gondok tumbuh subur di danau limboto.

Berkat usaha keras daun eceng gondok yang memiliki senyawa aktif yang bisa membersihkan gigi dan mulut di sulap menjadi pasta gigi. Sekali produksi kini dapat menghasilkan 30 pasta gigi dengan ukuran lima puluh hingga seratus gram.

Pasta gigi hasil karya mahasiswa negeri gorontalo yang diberi nama ec-den kini diperjual belikan di lingkungan kampus. Untuk ukuran 50 gram dijual 8 ribu rupiah dan ukuran 100 gram seharga 15 ribu rupiah.

#encenggondok
#pastagigi
#olahanencenggondok



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x