Kompas TV brandsight
BrandSight
Konten ini merupakan kerja sama KompasTV dengan Molto

Simak Tips Jitu Menghadapi Wawancara Kerja Berikut Ini!

Kompas.tv - 1 November 2022, 13:50 WIB
simak-tips-jitu-menghadapi-wawancara-kerja-berikut-ini
Ilustrasi wawancara kerja. (Sumber: Jobstreet.co.id)
Penulis : Meirna Larasati

KOMPAS.TV – Wawancara merupakan salah satu proses yang dilakukan perusahaan untuk menyaring kandidat pekerja. Pada kesempatan ini, para pelamar kerja biasanya bertemu langsung dengan pihak HRD atau manajemen perusahaan. 

Bagi fresh graduate, proses wawancara sering menjadi momen yang membuat gugup sehingga sejumlah persiapan menjadi buyar. Agar sesi wawancara berjalan lancar ada sejumlah tips yang dapat dicoba. Simak tips sukses wawancara kerja yang dilansir dari berbagai sumber berikut ini, yuk!

1. Meriset pekerjaan dan perusahaan secara mendalam 

Sebelum wawancara, pastikan Anda telah memahami posisi serta tempat Anda melamar secara lebih detail. Dengan begitu, Anda bisa meyakinkan pewawancara bahwa Anda merupakan orang yang tepat mengisi posisi yang dilamar.

2. Melatih intonasi, artikulasi, dan tanya jawab

Takut terbata-bata saat wawancara? Nah, Anda sebaiknya banyak berlatih di depan cermin atau meminta orang lain untuk menilai penampilan Anda. Usahakan untuk melatih intonasi yang terdengar, artikulasi jelas, hingga mimik dan bahasa tubuh yang sesuai. Persiapkan juga jawaban untuk pertanyaan umum. 

3. Mempersiapkan seluruh berkas yang dibutuhkan

Persiapan lain yang tidak kalah penting adalah lampiran sejumlah berkas yang diperlukan perusahaan. Jadi, siapkan CV atau resume, fotokopi ijazah dan transkrip nilai, dan kartu identitas lebih dari satu, ya. Bawa juga alat tulis yang bisa digunakan untuk mengisi formulir atau kebutuhan lainnya. 

4. Survei lokasi wawancara agar tidak datang terlambat

Kesan pertama merupakan hal yang tidak kalah penting dibangun bagi calon karyawan, salah satunya tidak datang terlambat ke lokasi wawancara. Cobalah untuk mengalokasikan waktu lebih agar tiba lebih cepat dari waktu yang dijanjikan. Agar tidak makan waktu lama untuk mencari parkir, manfaatkanlah transportasi umum atau kendaraan online seperti GrabCar.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x