Kompas TV regional berita daerah

Kiat Sukses Budidaya Ikan Koi Showa Shiro Ginrin di Sawah

Kompas.tv - 30 November 2022, 20:22 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Seorang pemuda di Kabupaten Jember Jawa Timur berhasil membudidayakan ikan koi showa shiro ginrin di sawah. Ikan koi jenis itu mempunyai sisik berkilau seperti intan jika terkena cahaya. Ikan koi jenis itu menjadi buruan warga untuk kebutuhan kontes atau show.

Pemuda itu bernama Ilham Thoriq El Azis warga Dusun Sumber Malang Desa Randuagung Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Ia membudidaya ikan koi showa shiro ginrin di dua petak lahan sawah yang tidak produktif.

Perawatannya mudah, yakni beri pakan organik racikan sendiri sehari 3 kali dan sediakan sirkulasi air yang lancar. Untuk  bibit ikan koi showa shiro ginrin, Ilham mengembangkan sendiri di kolam khusus.

Ikan koi showa shiro ginrin dibudidayakan karena mempunyai keindahan warna. Seluruh tubuhnya dipenuhi sisik berkilau.

Baca Juga: Pemkab Jember Gelar Kontes Kecantikan Ikan Koi, Perebutkan Piala Bupati 2022

Budidaya ikan koi showa shiro ginrin memiliki peluang ekonomi menjanjikan karena koi jenis ini diburu warga untuk kebutuhan kontes atau show. Satu ekor ikan koi ukuran kecil atau bibit dijual dengan harga 5 ribu hingga 500 ribu rupiah.

Ilham Thoriq El Aziz mengaku awalnya dirinya hanya mengeluarkan modal 500 ribu rupiah dan kini budidaya ikan koinya menghasilkan omset 5 hingga 7 juta rupiah dalam sekali panen.

Kini hobinya memelihara ikan koi menghasilkan rupiah, bahkan usaha budidaya ikan koinya menjadi lapangan kerja baru bagi pemuda desa setempat, yang membutuhkan pekerjaan.

Baca Juga: Budidaya Ikan Koi Kontes Seharga 20 Juta

 

#IkanKoi #KoiShiroGinrin #KoiShowaGinrin #Budidaya #Sawah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x