Kompas TV nasional budaya

Menggiurkan, Inilah Makanan Khas dari Berbagai Daerah di Indonesia yang Disajikan saat Natal

Kompas.tv - 17 Desember 2022, 11:04 WIB
menggiurkan-inilah-makanan-khas-dari-berbagai-daerah-di-indonesia-yang-disajikan-saat-natal
Foto ilustrasi - Makanan khas Manado yang biasa disajikan saat Natal yaitu klappetaart. (Sumber: Sajian sedap)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

MANADO, KOMPAS.TV – Indonesia dengan keanekaragaman suku, agama dan budayanya melahirkan berbagai tradisi. Termasuk, makanan khas yang disajikan bertepatan saat momen perayaan-perayaan hari besar, salah satunya Natal.

Apa saja makanan-makanan khas saat Natal di berbagai daerah di Inonesia? Berikut beberapa daftarnya, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Manado

Ilustrasi - Saat Natal, masyarakat di Manado biasanya akan menyajikan ayam rica-rica. (Sumber: Shutterstock/hansen bonatua)

Saat Natal, masyarakat di Manado biasanya akan menyajikan ayam rica-rica. Ayam rica-rica ini menjadi makanan favorit karena orang Manado suka makanan yang pedas. Ayam rica-rica biasanya disajikan saat malam Natal bersama keluarga di rumah.

Selain itu, babi guling juga jadi santapan saat Natal. Babi dimasak di atas bara api selama berjam-jam sampai matang, dan diputar atau diguling agar matang merata.

Selanjutnya untuk hidangan penutup, mereka akan menghidangkan klappetaart yang berbahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur.

Baca Juga: Tiga Tradisi Natal Unik di Indonesia, Ada Wayang Wahyu di Jawa dan Van Vare di Larantuka

2. Nusa Tenggara Timur dan Maluku

Ilustrasi - Kue Bagea, kue tradisional Maluku berbahan dasar sagu (Sumber: Kompas.com. )

Salah satu hidangan Natal yang wajib hadir bagi orang-orang Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah kue bagea. Kue bagea terbuat dari sagu, gula halus, minyak sayur, biji cintang, dan tepung terigu.

Biasanya, kue ini juga jadi sajian untuk para tamu yang berkunjung.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x