Kompas TV internasional kompas dunia

Korea Utara Kembali Uji Coba Dua Rudal Balistik, Semenanjung Korea Kembali Panas

Kompas.tv - 18 Desember 2022, 12:49 WIB
korea-utara-kembali-uji-coba-dua-rudal-balistik-semenanjung-korea-kembali-panas
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Korea Utara menembakkan dua rudal balistik pada hari Minggu, (18/12/2022) ke arah perairan timurnya, menjadi uji coba pertamanya dalam sebulan (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

SEOUL, KOMPAS.TV — Korea Utara menembakkan dua rudal balistik pada hari Minggu, (18/12/2022) ke arah perairan timurnya, menjadi uji coba pertamanya dalam sebulan dan terjadi dua hari setelah mengklaim berhasil melakukan uji coba penting yang diperlukan untuk membangun rudal antarbenua yang lebih mobile dan kuat, dirancang untuk menyerang daratan Amerika Serikat.

Militer Korea Selatan mendeteksi peluncuran dua rudal balistik Korea Utara dari daerah Tongchangri barat lautnya, seperti dilansir Associated Press, Minggu, (18/12/2022).

Rudal-rudal itu terbang melintasi negara menuju perairan timurnya, kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.

Dikatakan rudal ditembakkan sekitar 50 menit terpisah tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut, seperti jenis senjata apa yang ditembakkan Korea Utara dan seberapa jauh mereka terbang.

Kepala Staf Gabungan mengatakan militer Korea Selatan memperkuat postur pengawasannya dan menjaga kesiapan dalam koordinasi yang erat dengan Amerika Serikat.

Pejabat Jepang juga mengatakan mereka melihat dua peluncuran rudal dari Korea Utara. Penjaga pantai Jepang mengatakan rudal yang ditembakkan Korea Utara jatuh di perairan antara Semenanjung Korea dan Jepang.

Pejabat penjaga pantai Jepang mengatakan kedua rudal itu mendarat di luar zona ekonomi eksklusif Jepang.

Baca Juga: Rakyat Korea Utara Dipaksa Berkabung Peringatan Kematian Kim Jong Il, Pesta dan Bernyanyi Dilarang

Perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara. Korea Utara menembakkan dua rudal balistik pada hari Minggu, (18/12/2022) ke arah perairan timurnya, menjadi uji coba pertamanya dalam sebulan (Sumber: AP Photo)

Daerah Tongchangri adalah rumah bagi Tempat Peluncuran Satelit Sohae Korea Utara, di mana negara itu dalam beberapa tahun terakhir meluncurkan roket pembawa satelit jarak jauh dalam apa yang disebut PBB sebagai uji terselubung teknologi ICBM.

Pada hari Kamis, di fasilitas Sohae, Korea Utara juga melakukan apa yang disebutnya sebagai uji coba "motor bahan bakar padat berdaya dorong tinggi" untuk senjata strategis baru, sebuah perkembangan yang menurut para ahli memungkinkannya memiliki rudal balistik antarbenuayang lebih mobile, lebih sulit untuk dideteksi dan dapat mencapai daratan Amerika Serikat.

Belum diketahui apakah peluncuran hari Minggu terjadi dari fasilitas Sohae.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x