Kompas TV nasional peristiwa

YDKK Bersama Gitaris Indonesia Salurkan Donasi untuk Korban Gempa Cianjur

Kompas.tv - 21 Januari 2023, 18:14 WIB
ydkk-bersama-gitaris-indonesia-salurkan-donasi-untuk-korban-gempa-cianjur
Sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas terhadap para korban gempa Cianjur, Kompas Gramedia melalui Harian Kompas dan Bentara Budaya berkolaborasi dengan para musisi yang tergabung dalam gerakan Gitaris untuk Indonesia akan menggelar konser amal pada Rabu, 7 Desember 2022 di Bentara Budaya Jakarta pukul 19.00–22.00 WIB. (Sumber: Kompas Gramedia)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (YDKK) bersama Gitaris Indonesia menyalurkan donasi pembaca Kompas kepada penyintas bencana gempa Cianjur, Jawa Barat berupa 126 paket sembako.

Dalam rilis yang diterima Sabtu (21/1/2023) Kompas Gramedia melalui program Gerakan Literasi Nusantara - AkuBaca juga mendonasikan buku bacaan, bersamaan dengan Penerbit Buku Kompas serta donasi boneka dari Kompas Gramedia Adventure (KGA). 

Donasi diserahkan secara simbolis kepada warga penyintas bencana gempa di Kampung Sedong Kulon, Desa Bojong Herang, Kecamatan Cianjur Kota, Jawa Barat pada Sabtu (22/1/2023) pagi. Selain menyerahkan donasi, sukarelawan YDKK, Coorporate Communication KG, KG Adventure, dan Gitaris Indonesia juga akan memberi hiburan kepada anak-anak penyintas gempa.

Mereka akan mendongeng, bermain game dan mengajak anak-anak untuk bernyanyi bersama. 

Seperti diketahui, bencana gempa di Cianjur terjadi pada Senin, 21 November 2022 pukul 13.21 WIB.

Gempa dangkal dengan kekuatan  M 5,6 itu merenggut korban jiwa setidaknya 602 orang, mengakibatkan lebih dari 114.000 orang mengungsi, dan merusak setidaknya 56.548 rumah. Hingga saat ini, setelah dua bulan pasca bencana, masih banyak warga yang mengungsi di sejumlah titik dan membutuhkan bantuan.

Baca Juga: Begini Cerita Tetangga Wowon di Cianjur yang Selamat dari Pembunuhan Berantai

Untuk merespons bencana tersebut, YDKK didukung Coorporate Communication KG telah menggalang dana melalui Dompet Dana Kemanusiaan Kompas dan konser Gitaris untuk Negeri pada 7 Desember 2022 di Bentara Budaya Jakarta.

Konser tersebut melibatkan puluhan musisi yang tergabung dalam Gitaris Indonesia. 

YDKK sendiri telah menyalurkan donasi tanggap darurat untuk membantu penyintas gempa Cianjur dua-tiga hari setelah bencana terjadi.

Bantuan disalurkan dalam bentuk logistik sembako secara bertahap untuk dapur umum pengungsi yang dioperasikan oleh Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) TNI Angkatan Darat di sejumlah titik.

Pada Senin (23/1/2023), YDKK akan menyalurkan donasi pembaca berupa sembako ke dapur umum yang dikelola oleh Kementerian Sosial.

Penyaluran donasi lainnya berupa popok sekali pakai (diapers) untuk balita penyintas gempa Cianjur juga melalui Kementerian Sosial.

Sejauh ini, total donasi pembaca yang telah disalurkan YDKK dalam program tanggap darurat bencana Cianjur berjumlah Rp 290.743.487. 

Untuk selanjutnya, YDKK berencana akan menyalurkan donasi pembaca untuk merehabilitasi sekolah atau fasilitas kesehatan yang rusak akibat gempa Cianjur.

Ketua Yayasan DKK Gesit Ariyanto menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para donatur yang telah mendonasikan dananya sehingga bantuan ini ada dan tersalurkan. “Kami juga berterima kasih kepada para gitaris yang kembali punya andil mengumpulkan donasi untuk para penyintas bencana. Kali ini, perwakilan gitaris turut dalam penyerahan bantuan,” ujar Gesit.

Baca Juga: Wakil Presiden Tinjau Rumah Relokasi Korban Gempa Cianjur


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x