Kompas TV internasional kompas dunia

Kronologi Tyre Nichols Dipukuli Polisi AS hingga Tewas, Korban Dicegat setelah Memotret Sunset

Kompas.tv - 28 Januari 2023, 18:27 WIB
kronologi-tyre-nichols-dipukuli-polisi-as-hingga-tewas-korban-dicegat-setelah-memotret-sunset
Foto yang berasal dari video yang dirilis pada 27 Januari 2023 oleh Pemerintah Kota Memphis, Tennessee, Amerika Serikat, menunjukkan Tyre Nichols bersandar pada sebuah mobil setelah serangan brutal yang dilakukan lima polisi Memphis pada 7 Januari 2023. (Sumber: City of Memphis via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

MEMPHIS, KOMPAS.TV - Rilis video body cam pembunuhan Tyre Nichols, seorang warga kulit hitam Amerika Serikat (AS) di Memphis, negara bagian Tennessee, Jumat (27/1/2023), menggegerkan berbagai pihak. Video itu menunjukkan para polisi mencegat Nichols yang tengah berkendara lalu memukulinya hingga terkapar.

Tyre Nichols kemudian dinyatakan tewas di rumah sakit. Sementara lima terduga pelaku yang terlibat didakwa otoritas terkait.

Melansir Associated Press, berikut kronologi kasus Tyre Nichols yang dipukuli polisi hingga tewas pada 7 Januari 2023 lalu.

7 Januari

Tyre Nichols dicegat dan diseret keluar polisi dari mobilnya. Polisi menduga pria berusia 29 tahun itu melakukan pelanggaran lalu lintas dalam perjalanan pulang. Pihak keluarga menyebut, waktu itu, Nichols bepergian untuk memotret matahari terbenam.

Baca Juga: Aksi Lima Polisi AS Gebuki Warga Terekam Body Cam: Korban Mati, Pelaku Selebrasi

Konfrontasi terjadi. Polisi memukul, menendang, dan mementungi Nichols secara brutal. Semua tindakan ini terekam oleh body cam polisi yang bersangkutan.

8 Januari

Kepolisian Memphis merilis pernyatan tentang kasus anggota polisi yang menghentikan seseorang yang diduga menyopir secara ugal-ugalan pada 7 Januari. Polisi menyebut pria itu dibawa ke rumah sakit dalam kondisi kritis usai konfrontasi dengan anggota.

Pria itu disebut mengeluhkan sesak napas usai kejadian lalu dibawa ke rumah sakit. Karena keluhan ini, kejaksaan setempat meminta Biro Investigasi Tennessee menggelar penyelidikan tentang dugaan pengerahan kekuatan berlebihan.

10 Januari

Biro Investigasi Tennessee menyebut pria yang terlibat konfrontasi dengan polisi Memphis telah tewas karena luka-lukanya. Pihak berwenang secara terbuka mengidentifikasi pria itu sebagai Tyler D. Nichols, warga kulit hitam berusia 29 tahun.

14 Januari

Keluarga dan teman-teman Nichols serta pendukungnya menggelar protes di depan sebuah kantor polisi Memphis. Polisi diminta merilis rekaman body cam penangkapan Nichols.

Ayah tiri Nichols, Rodney Wells menyatakan bahwa anak angkatnya mengalami henti jantung dan gagal ginjal karena dipukuli polisi.

15 Januari

Kepala Polisi Memphis Cerelyn Davis mengaku telah meninjau informasi tentang penangkapan Nichols dan segera mengambil tindakan berupa menerbitkan memo pelanggaran terhadap polisi-polisi yang terlibat.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x