Kompas TV lifestyle tren

7 Rekor yang Dibuat Timnas Indonesia di Piala Asia U23, Tim Pertama yang Bobol Korea Selatan 13 Kali

Kompas.tv - 26 April 2024, 15:53 WIB
7-rekor-yang-dibuat-timnas-indonesia-di-piala-asia-u23-tim-pertama-yang-bobol-korea-selatan-13-kali
KBRI Doha di Qatar mengestimasikan sekitar 5.000 warga negara Indonesia (WNI) akan mendukung perjuangan Timnas U23 Indonesia saat menghadapi Korea Selatan di pertandingan perempat final Piala Asia U23 2024. (Sumber: PSSI)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kemenangan Indonesia atas Korsel terbilang istimewa karena Pasukan Garuda untuk pertama kalinya lolos ke semifinal Piala Asia U-23.

Selain itu, ada sejumlah sejarah dan rekor yang diukir Indonesia di Piala Asia U-23. Apa sajakah itu?

1. Lolos ke putaran final Piala Asia U-23 untuk kali pertama

Untuk kali pertama, Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-23 setelah lima kali mengikuti babak kualifikasi. Indonesia sempat berjuang menembus putaran final Piala Asia U-23 lewat babak kualifikasi pada 2013, 2016, 2018, 2020, dan 2022.

Berdasarkan catatan Litbang Kompas, Indonesia sama sekali tidak pernah lolos dari babak kualifikasi Piala Asia U-23. Pada 2016, Indonesia sempat bertengger di posisi ketiga grup H yang berisikan Jepang Australia, Singapura, Timor Leste, dan Makau.

Sayangnya, Garuda Muda gagal melaju ke Piala Asia U-23 setelah gagal memperoleh predikat peringkat ketiga terbaik karena dijegal Oman dan Yaman. Kegagalan menembus putaran final juga terulang saat Indonesia berjuang menembus putaran final Piala Asia U-23 2016.

Indonesia hanya menduduki peringkat dua grup H dengan perolehan enam poin. Pada babak kualifikasi Piala Asia U-23 2016, Indonesia pernah dibantai oleh tim Korsel yang saat itu diasuh Shin Tae-yong dengan skor 4-0.

2. Kemenangan perdana di Piala Asia U-23

Piala Asia U-23 juga menjadi ajang pembuktian bagi Indonesia yang untuk kali pertama meraih kemenangan perdana setelah lolos ke putaran final ajang ini. Dilansir dari Kompas.com, Jumat (19/4/2024), kemenangan perdana Indonesia di Piala Asia U-23 terjadi ketika Pasukan Garuda menekuk Australia di Stadion Abdullah bin Nasser, Qatar, Kamis (18/4/2024) dengan skor 1-0 di babak penyisihan grup A.

Baca Juga: Shin Tae-yong Sebut Timnas U23 Indonesia Bisa Capai Final Piala Asia U23 2024

Gol semata wayang Indonesia dicetak oleh Komang Teguh pada menit ke-45. Australia sebenarnya mendapat kesempatan untuk mencetak gol lewat titik putih. Namun, penyerang Australia, Mohamed Toure, yang ditunjuk sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya.

Sepakan Toure dimentahkan penjaga gawang Indonesia, Ernando Ari.

3. Gol pertama Indonesia di Piala Asia U-23

Indonesia juga mencatatkan sejarah ketika bersua Australia. Sebab, pada pertandingan itu untuk kali pertama Indonesia mencetak gol di putaran final Piala Asia U-23.

Hal tersebut terjadi ketika Indonesia mendapat sepak pojok pada menit ke-44. Sepak pojok yang dilepaskan Witan Sulaeman disambut sundulan oleh salah satu pemain yang berdiri di kotak penalti. Sundulan tersebut kemudian dimanfaatkan Nathan Tjoe-A-On yang langsung melepaskan sepakan keras ke gawang Australia.

Pada saat yang bersamaan, Komang Teguh yang berdiri di depan gawang Australia memanfaatkan sepakan keras Nathan dengan cara menyundulnya lalu berbuah gol bagi Indonesia.

4. Cleansheet pertama Indonesia di Piala Asia U-23



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x