Kompas TV regional viral

Warganet Ramai-ramai Dukung Pegawai KLHK Ini saat Bela Kawanan Gajah di Riau, Ada Apa?

Kompas.tv - 11 Februari 2023, 08:00 WIB
warganet-ramai-ramai-dukung-pegawai-klhk-ini-saat-bela-kawanan-gajah-di-riau-ada-apa
Foto ilustrasi gajah. Warganet Ramai-ramai Dukung Pegawai KLHK Ini saat Bela Kawanan Gajah di Riau, Ada Apa? (Sumber: Sci News)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

KOMPAS.TV – Video Tenaga Ahli Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Riau Afni Zulkifli viral di media sosial.

Dalam video yang diunggah di media sosial TikTok @afni.z pada Kamis 10/2/2023 itu, Afni secara tegas menjelaskan kepada warga setempat bahwa kehadiran kawanan gajah di area pemukiman itu bukan kesalahan hewan berbelalai itu.

Hal ini menyusul keluhan warga akibat pekarangan dan rumah mereka rusak akibat gajah.

Menurutnya, bukan gajah yang mengganggu warga, tapi justru sebaliknya, yakni warga itu sendiri yang mengambil area tempat tinggal dari gajah.

"Ingat ya saya tegaskan dengan jelas disini ya, bukan gajah yang masuk kebun bapak-bapak. Bukan gajah masuk desa-desa bapak. Tapi, desa dan kebun bapak-bapak yang masuk ke rumah gajah, jadi jangan semena-mena terhadap gajahnya," tandas Afni dalam video tersebut.

Ia pun menolak secara tegas tuntutan warga yang menganggap gajah telah mengganggu wilayah pemukiman mereka dan membuat mereka resah.

Baca Juga: Rp270 Miliar! Nilai Pasar Gading Gajah, Cula Badak dan Sisik Trenggiling yang Disita di Malaysia

Afni menjelaskan bahwa gajah selalu melewati jalur yang sama.

"Gajah itu semua yang dia lewati itu adalah jalur dia pak, dan dia itu puluhan tahun melewati jalur itu pak," terangnya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x