Kompas TV regional viral

Viral, Ibu-Ibu Nge-vlog di Sunroof Saat Mobil Melaju Kencang, Pakar Ingatkan Bahayanya

Kompas.tv - 21 Februari 2023, 17:22 WIB
viral-ibu-ibu-nge-vlog-di-sunroof-saat-mobil-melaju-kencang-pakar-ingatkan-bahayanya
Sebuah video yang memperlihatkan seorang ibu-ibu nge-vlog di sunroof saat mobil melaju kencang viral di media sosial. (Sumber: Twitter)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebuah video yang memperlihatkan seorang ibu-ibu nge-vlog di sunroof saat mobil melaju kencang viral di media sosial.

Tidak sedikit netizen yang menyoroti aksi ibu tersebut yang dinilai berbahaya. Dalam video tersebut, ibu-ibu yang mengenakan hijab dan kacamata hitam itu tampak memegang tongsis.

Dia mengarahkan tongsis tersebut ke kanan dan kiri badannya untuk menunjukkan situasi jalan. Saat sebuah bus melintas, ibu tersebut juga tetap melanjutkan aksinya.

Baca Juga: Viral Pengedar Narkoba Ngaku Dilindungi Polisi, Mabes Polri Bereaksi Keras Perintahkan Penyelidikan

Pakar transportasi Tri Cahyono mengatakan bahwa aksi nekat yang dilakukan ibu-ibu itu terbilang berbahaya dan berisiko. Tri bilang, si ibu bisa terpelanting keluar mobil ketika kendaraan mengerem mendadak.

“Sepertinya kecepatan (mobil) cukup tinggi,” ujar Tri, Selasa (21/2/2023), sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Tri Cahyono menjelaskan, sunroof mobil tidak digunakan untuk mengeluarkan badan. Sunroof berfungsi sebagai ventilasi di negara-negara yang memiliki empat musik.

Selain itu, sunroof berfungsi untuk menambah intensitas cahaya yang masuk ke dalam mobil dan memberikan kesan panoramic.

Baca Juga: Digugat Rp1,8 Miliar oleh Klien, Pengusaha Viral Jhon LBF Buka Suara

Untuk itu, penumpang sebaiknya tidak mengeluarkan tubuh di sunroof dan tetap duduk di kursi penumpang, mengenakan sabuk pengaman.

Tri bilang, sejumlah negara memiliki peraturan yang ketat soal berkendara. Di Inggris, pengendara dan penumpang bisa ditilang oleh polisi jika melanggaran aturan lalu lintas.

"Di Inggris semua penumpang mobil harus memakai seat belt. Di Indonesia, (yang pakai sabuk pengaman) masih yang duduk di depan saja," jelas Tri.

Sementara itu, pengamat transportasi Djoko Setijowarno mengatakan bahwa belum ada aturan yang melarang penumpang keluar dari sunroof saat mobil sedang berjalan.

Meski belum ada aturan, Djoko mengatakan bahwa akan sangat berbahaya keluar dari sunroof saat mobil melaju kencang.

“Aman jika (mobil melaju) untuk kecepatan rendah,” jelas Djoko, Selasa.

Baca Juga: Viral Kurir Meninggal saat Antar Paket, Kemnaker Ingatkan Perusahaan soal Peraturan Ketenagakerjaan

Melansir Tribun Madura, video ibu-ibu tersebut rupanya diambil saat melintas di Jembatan Suramadu. Kasat PJR Ditlantas Polda Jatim AKBP Raden Erik Bangun Prakasa mengatakan bahwa pihaknya akan menyelidiki video tersebut.  "Nanti akan dicek," ujar Raden Erik, Selasa (21/2).



Sumber : Kompas.com, Tribunnews



BERITA LAINNYA



Close Ads x