Kompas TV nasional kesehatan

Menghindari Obesitas dengan Menerapkan Pembagian Porsi Santapan Sehat

Kompas.tv - 4 Maret 2023, 17:19 WIB
menghindari-obesitas-dengan-menerapkan-pembagian-porsi-santapan-sehat
Ilustrasi obesitas. Istilah diabesitas mungkin masih terdengar asing untuk sebagian orang. Diabesitas adalah istilah untuk orang yang obesitas dan memiliki diabetes tipe 2. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pakar gizi Mochammad Rizal mengatakan, untuk menghindari obesitas seseorang bisa menerapkan pembagian porsi santapan sehat dan seimbang.

Untuk pagi hari ia menyarankan menu yang terdiri dari nasi putih satu sendok, telur dadar dua butir dengan minyak sedikit, oseng tempe, dan cah sayur.

Untung siang hari menu yang disarankan nasi putih satu sendok, sayur asam satu mangkok, lauk pilih yang tidak digoreng misal pepes tahu dan bisa juga memakan buah yang memiliki kandungan air tinggi seperti jeruk dan jambu air menjelang makan siang.

Pada sore hari, Rizal mencontohkan menu berupa camilan buah atau susu.

"Jika ingin berolahraga bisa mengonsumsi sumber energi yang mengandung gula, misal roti," kata dia Sabtu (4/3) dikutip dari Antara.

Sedangkan untuk menu malam hari, yakni nasi putih satu sendok atau mie instan, dada ayam direbus atau dibakar (cara masak lainnya yang bukan digoreng), lalapan satu mangkok dan sambal.

Baca Juga: Dokter Menduga Obesitas Kenzi Disebabkan oleh Kelainan Genetik

Rizal mengingatkan bahwa seseorang harus memastikan porsi makanan yang dikonsumsi tidak terlalu besar atau terlalu kecil. 

Jika Merujuk pada anjuran Kementerian Kesehatan, Anda bisa membagi piring menjadi tiga bagian.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x