Kompas TV nasional update

Erick Thohir Desak Semua BUMN Punya Infrastruktur Media: Berani Bicara Fakta, Bukan Tutup Kebobrokan

Kompas.tv - 10 Maret 2023, 13:30 WIB
erick-thohir-desak-semua-bumn-punya-infrastruktur-media-berani-bicara-fakta-bukan-tutup-kebobrokan
Menteri BUMN Erick Thohir mendesak seluruh BUMN untuk memiliki infrastruktur media untuk mewujudkan keterbukaan, Kamis (9/3/2023). (Sumber: Kompas TV/Ant)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendesak seluruh BUMN untuk memiliki media untuk mewujudkan keterbukaan informasi.

"Saya meminta semua BUMN harus punya infrastruktur media, online dan sosial media bukan menutupi kebobrokan tapi harus menjadi bagian keterbukaan," jelas Erick Thohir di acara BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) Awarding Night 2023 di Jakarta, Kamis (9/3/2023), dilansir dari Antara.

Erick mengatakan, pada era keterbukaan informasi saat ini, ia mendorong semua BUMN untuk memberitakan kinerja dan tak menutupi informasi.

“Saya mendorong untuk kita harus berani bicara fakta, bukan menutup fakta," ujarnya.

"Kinerja ataupun kebijakan yang sudah bagus perlu kita sampaikan karena itu adalah solusi," imbuhnya.

Ia pun menyarankan agar setiap BUMN memiliki media online maupun offline yang bisa menjadi penghubung ke masyarakat untuk memberitakan kinerja dan segala informasi mengenai BUMN terkait.

Baca Juga: Erick Thohir Ungkap Alasan Copot Direktur Pertamina Usai Kebakaran Plumpang

“Karyawan BUMN juga harus ikut berpartisipasi aktif menyuarakan berita, kebijakan ataupun kinerja dari BUMN sehingga bisa membangun kebanggaan atas perusahaan tempat karyawan bernaung," ungkap Erick.

BCOMSS 2023 merupakan apresiasi yang diberikan kepada insan BUMN karena memiliki kinerja positif khususnya dalam pengelolaan komunikasi dan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL).

Di acara ini, Erick memberikan penghargaan Corporate Communication of The Year kepada SVP Sekretaris Perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) Wijaya Laksana.

Penghargaan Corporate Communication of The Year tersebut membuktikan bahwa Pupuk Indonesia berhasil mengelola komunikasi dengan baik kepada seluruh stakeholder.

Pada kegiatan ini, tercatat sebanyak 493 peserta yang berasal dari 60 perusahaan pelat merah untuk memperebutkan 24 nominasi juara, yang terdiri dari 12 bidang komunikasi dan 12 bidang keberlanjutan atau TJSL.

Baca Juga: Erick Thohir Akan Jadikan Plumpang Ekosistem Produk Oli Pertamina

Juri-juri eksternal yang dilibatkan untuk kategori Komunikasi ialah aktor Maudy Ayunda serta dokter Reisa Brotoasmoro yang merupakan juru bicara pemerintah untuk Covid-19.

Di sisi kategori Keberlanjutan, juri yang ditunjuk ialah Andy F Noya selaku Jurnalis Senior dan Juniati Gunawan selaku Direktur CECT Trisakti.

Juri internal dilakukan oleh Kementerian BUMN, termasuk penilaian dari Erick Thohir.


 



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA


Hukum

KPK Geledah Kantor Setjen DPR

30 April 2024, 15:34 WIB

Close Ads x