Kompas TV nasional kesehatan

Lakukan Ini, Bisa Cegah Diabetes Tipe 2 untuk Anak dan Remaja Tanpa Pengobatan

Kompas.tv - 15 Maret 2023, 15:35 WIB
lakukan-ini-bisa-cegah-diabetes-tipe-2-untuk-anak-dan-remaja-tanpa-pengobatan
Diabetes pada anak. Penyakit diabetes tipe 2 yang menjangkiti anak-anak dan remaja dapat dicegah dengan melakukan aktivitas fisik. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyakit diabetes tipe 2 yang mulai menjangkiti anak-anak dan remaja dapat dicegah tanpa pengobatan.

Sekitar 10 menit aktivitas fisik setiap hari dapat menunda timbulnya diabetes tipe 2 dan memperlambat perkembangannya pada masa muda.

Hal itu diungkap oleh penelitian terbaru di Kanada yang menemukan aktivitas fisik dan perilaku menetap berdampak pada risiko diabetes tipe 2 pada individu yang berisiko selama masa anak-anak dan remaja.

Temuan tersebut tertuang dalam laporan penelitian di jurnal The Lancet Child and Adolescent Health dengan penulis pertama Soren Harnois-Leblanc, epidemiolog dari Faculty of Medicine, Université de Montréal yang terbit pada Selasa (14/3). 

Para peneliti menggunakan data anak-anak keturunan Eropa Barat dengan riwayat obesitas orangtua.

Mereka dievaluasi pada usia 8-10 tahun, 10-12 tahun, serta 15-17 tahun di Québec, Kanada. 

Selama evaluasi, para peneliti juga mengukur tiga hal melalui kuesioner. Pertama, aktivitas fisik sedang hingga kuat. Kedua, waktu tidak bergerak dengan akselerometri. Ketiga, waktu menatap layar di telepon pintar atau televisi.

Baca Juga: Waspada! Diabetes yang Tidak Terkontrol Bisa Sebabkan Kanker, Ini Penjelasannya

”Hanya dengan 10 menit aktivitas fisik sedang hingga berat per hari, kami melihat penurunan risiko yang terkait dengan perkembangan diabetes tipe 2 pada anak-anak berisiko,” kata Leblanc dilansir dari Kompas.id.

Menurut temuan ini, mengurangi waktu duduk satu jam sehari juga menawarkan manfaat yang sama. 



Sumber : Kompas.id



BERITA LAINNYA



Close Ads x