Kompas TV regional berita daerah

Tradisi Pangkas Rambut Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Kompas.tv - 22 Maret 2023, 15:56 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Sejak pagi toko pangkas di sepanjang jalan Tuwanku Muhammad Daud Syah, Peunayong, Banda Aceh mulai dipenuhi pengunjung yang ingin memangkas rambut dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan.

Jalan itu memang terkenal sebagai salah satu pusat rumah pangkas di Kota Banda Aceh yang sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu, sehingga tak heran jika warga Kota Banda Aceh maupun masyarakat perantauan rutin berkunjung kesana, terutama saat menyambut Ramadhan maupun perayaan lebaran.

Kebiasaan membersihkan diri seperti memangkas rambut maupun mencukur kumis menjadi hal yang rutin dilakukan masyarakat Aceh terutama khusus dilakukan oleh kaum pria, karena saat puasa tiba masyarakat Aceh nantinya akan jarang mengunjungi rumah pangkas karena fokus beribadah.

Sementara itu tradisi memangkas rambut menjelang Ramadhan menjadi keberkahan tersendiri bagi tukang pangkas karena penghasilan mereka bertambah hingga tiga kali lipat dari hari biasanya. Toko ini mulai dibuka dari pagi hingga malam hari.

Adapun ongkos jasa pangkas rambut itu pun beragam. Anak-anak hanya dikenai biaya sebesar 15 ribu rupiah per orang, sedangkan orang dewasa dengan biaya 25 ribu rupiah per sekali pangkas.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x