Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Luhut: Dulu Kita Anggap China Ini Seperti di Glodok...

Kompas.tv - 14 Agustus 2020, 21:27 WIB
luhut-dulu-kita-anggap-china-ini-seperti-di-glodok
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Sumber: KOMPAS.COM)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan China sangat berpengaruh terhadap perekonomian dunia.

Tak terkecuali juga berpengaruh pada Indonesia. Padahal, dulu China dipandang sebelah mata oleh dunia, termasuk pula Indonesia.

Namun saat ini, kondisnya telah berubah. China menjadi kekuatan ekonomi dunia. Bahkan, Luhut menyebut, jika China terganggu, maka dampaknya juga akan dirasakan oleh Indonesia.

Baca Juga: Luhut Bicara Kemungkinan Indonesia Mengalami Resesi

"Dulu kita anggap China ini seperti di Glodok saja, sekarang tidak," kata Luhut ketika menghadiri acara Dies Natalis IV Universitas Indonesia (UI) dikutip dari Kompas.com pada Jumat (14/8/2020).

"Sekarang 16 persen bahkan lebih perdagangan dunia itu dipegang oleh China. Jadi, kalau ada apa-apa dengan China, kita pasti terganggu."

Luhut mengatakan, pengaruhnya ke dunia pun terjadi ketika ketegangan perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan China yang masih berlangsung.

"Indonesia di tengah ketidakpastian global dan itu yang terjadi sekarang ini. Kalau kita melihat dari lanskap politik, ini sekarang restruktur dunia semakin terkoreksi karena globalisasi," ujar Luhut.

Baca Juga: Lembaga Keuangan AS Surati Luhut, Ingin Investasi Sektor Farmasi, Pertahanan, hingga Energi



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x