Kompas TV bisnis kompas bisnis

Kembali Melemah, Rupiah Kini Tembus Rp 14.408 per Dollar AS, Ini Penyebabnya

Kompas.tv - 10 Maret 2021, 15:01 WIB

KOMPAS.TV - Rupiah bergerak melemah pada perdagangan siang hari ini, Rabu (10/3). Pukul 11.50 WIB, rupiah spot ada di Rp 14.408 per dolar Amerika Serikat (AS), melemah tipis 0,02% dari sehari sebelumnya yang ada di Rp 14.405 per dolar AS.

Bahkan hari ini (10/3) IHSG bergerak melemah setelah sejumlah emiten dibayangi oleh pemberlakuan PPKM Mikro yang kembali diperpanjang menjelang libur Isra' Miraj. 

Tenaga Ahli Menteri Keuangan mengkalkulasi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar yang mulai terjadi saat ini masih di level aman.

Kondisi ini terjadi karena adanya ekspektasi pasar terhadap perbaikan ekonomi Amerika Serikat.

Terlebih stimulus jumbo 1,9 triliun dollar Amerika Serikat sudah digolkan oleh senat.

Meskipun sebenarnya stimulus ini belum turun ke masyarakat langsung, pasar sudah berekspektasi stimulus ini bisa jadi vaksinasi untuk ekonomi AS yang sedang suram.

Ekonom Bahana Sekuritas, Satria Sambijantoro menyebutkan meski rupiah melemah namun fundamental perekonomian Indonesia di tahun 2021 masih jauh lebih kuat dibandingkan tahun 1998 dan 2008.

Tetapi, sejumlah kebijakan untuk pemulihan ekonomi masih harus digencarkan khususnya stimulus fiskal seperti vaksinasi massal dan pemberian bansos.

Adapun menurut Satria, yang harus diwaspadai adalah angka yang ada di Kuartal I karena dikhawatirkan pergerakannya defensive mengingat kasus covid-19 di Indonesia juga masih terus meningkat.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x