Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Puan Soal Naiknya Harga Pangan: Ibu Rumah Tangga Mengeluh, Cabai Rawit Merah Melebihi Harga Daging

Kompas.tv - 28 Desember 2021, 13:29 WIB
puan-soal-naiknya-harga-pangan-ibu-rumah-tangga-mengeluh-cabai-rawit-merah-melebihi-harga-daging
Ketua DPR RI Puan Maharani saat memimpin Rapat Paripurna di Gedung DPR, Jakarta, Senin (8/11/2021). (Sumber: Tangkapan layar YouTube DPR RI. )
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPR RI Puan Maharani menyoroti tingginya sejumlah harga bahan pangan pokok jelang akhir tahun 2021 ini.

Adanya fenomena itu, pemerintah diminta untuk segera turun tangan karena mengingat lonjakan itu membuat situasi perekonomian masyarakat kian sulit.
 
“Pemerintah perlu segera mengendalikan harga bahan pangan pokok di akhir tahun ini. Beberapa bahan pangan pokok seperti minyak goreng, cabai, bawang dan telur ayam harganya sangat tinggi melebih akhir tahun sebelumnya,” kata Puan seperti dikutip dari laman dpr.go.id, Selasa (28/12/2021).

Baca Juga: Kementan Sebut Sejumlah Harga Pangan Pokok Masih akan Naik Jelang Nataru

Berdasarkan informasi yang diterima dirinya per 24 Desember 2021, harga minyak goreng di pasaran jauh melebihi harga eceran tertinggi (HET) yakni Rp11.000/liter. 

Bahkan untuk minyak goreng kemasan sudah ada yang mencapai harga Rp20.000/liter. Harga bahan pangan pokok yang melambung tinggi lainnya, cabai rawit merah, telur ayam ras, dan bawang merah.

Politikus PDIP itu menyebut, situasi tersebut membuat masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah sangat terdampak dengan kenaikan harga bahan kebutuhan pokok. 

"Ibu-ibu rumah tangga sudah banyak mengeluh, harga cabai rawit merah di sejumlah daerah sudah ada yang mencapai Rp140.000/kg. Ini sudah melebihi harga daging,” ujarnya.

Menurut Puan, permasalahan ini sudah harus diselesaikan karena selalu berulang dari tahun ke tahun. Oleh sebab itu, diperlukan adanya peran serta dari seluruh pemangku kepentingan agar tak lagi membebani masyarakat.

"Perlu adanya sinergi kebijakan antar sektor baik dari sisi hulu maupun hilir, dari sektor produksi dan perdagangan," ujar Puan.

Baca Juga: Pemerintah Diminta Antisipasi Lonjakan Harga Pangan Jelang Akhir Tahun

Mantan Menko PMK itu mengatakan, pemulihan ekonomi nasional di tengah situasi pandemi Covid-19 membutuhkan kebijakan yang dapat memberikan perlindungan ekonomi bagi masyarakat berpenghasilan rendah. 

Selain itu, pada saat yang bersamaan mendorong dunia usaha, sektor riil dan UMKM dapat bergerak kembali dalam inflasi yang terkendali.




Sumber : dpr.go.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x