Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Usai Bertemu Putra Mahkota Arab Saudi, Ini Daftar Proyek yang Dibawa Luhut Binsar Pandjaitan

Kompas.tv - 4 Maret 2022, 13:35 WIB
usai-bertemu-putra-mahkota-arab-saudi-ini-daftar-proyek-yang-dibawa-luhut-binsar-pandjaitan
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Menteri Investasi Arab Saudi Khalid Al-Falih beserta sejumlah CEO perusahaan Arab Saudi. Mereka membahas rencana investasi Arab Saudi di Indonesia. (Sumber: Kemenko Marves )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

RIYADH, KOMPAS.TV - Pemerintah Arab Saudi menyatakan minatnya untuk berinvestai di Indonesia dalam sejumlah sektor. Hal itu diungkapkan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, usai bertemu dengan Putera Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS), Menteri Investasi Arab Saudi Khalid Al-Falih, serta sejumlah CEO perusahaan Arab Saudi di Riyadh.

Luhut mengungkapkan, MBS tertarik untuk ikut dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), bergabung dengan China dalam investasi pabrik baterai listrik, serta menanamkan dana pada lembaga pengelola investasi atau Indonesia Investment Authority (INA).

”MBS begitu bersahabat menerima kami. Semua pesan presiden disetujui. Berkali-kali dia menyampaikan, “‘apa brother minta akan saya bantu,” kata Luhut saat dikonfirmasi Kompas TV, Jumat (4/3/2022).

Baca Juga: Luhut Bertemu Putra Mahkota Arab Saudi, Tawarkan Investasi di IKN

“Dia juga mau ikut membangun ibu kota baru, mengizinkan Indonesia membangun rumah Makkah, investasi bersama Tiongkok dan Indonesia di baterai lithium serta mobil listrik, masuk dalam sovereign fund (INA),” ujarnya.

MBS juga mengatakan, Arab Saudi akan berpartisipasi dalam program restorasi mangrove dan terumbu karang di Indonesia, masuk dalam proyek energi baru terbarukan seperti solar panel. Arab Saudi juga akan memasok 1,4 juta barrel minyak mentah untuk industri minyak yang dibangun pemerintah di Kalimantan Utara.

Guna menindaklanjutinya, Luhut pun segera membentuk tim terpadu dan segera dikirim ke Riyadh pada Jumat (11/3) mendatang.

Baca Juga: Data Pengguna Pajak.go.id Bocor, Ini Kata Pihak Ditjen Pajak

“Presiden sudah saya laporkan barusan dan memerintahkan untuk segera membentuk tim kerja. Saya minta tim Saudi sebelum Ramadhan ke Indonesia juga disetujui MBS,” ujar Luhut.

Luhut menekankan, Indonesia tidak ingin hanya sebagai tujuan investasi. Tapi juga ingin berperan sebagai investor di Arab Saudi.

"Di tengah pertemuan saya sampaikan keinginan saya agar potensi investasi dari pihak Kerajaan Arab Saudi dan peluang investasi Indonesia di Arab Saudi bisa berjalan beriringan," tutur Luhut.

Baca Juga: MedcoEnergi Akuisisi Seluruh Saham ConocoPhillips Indonesia

Ia juga mengundang Arab Saudi untuk hadir dalam pertemuan puncak G20 yang akan digelar di Bali. Mohammed bin Salman pun menyambut baik undangan tersebut.

"Bak gayung bersambut, ternyata Putra Mahkota memang sudah berencana untuk berkunjung ke Indonesia dan bertemu langsung dengan Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat dalam rangka tindak lanjut segala hasil pertemuan yang terselenggara hari ini," ujar Luhut.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x